Perkembangan Pembangunan Desa Dinilai

0
705
LOMBA DESA: Tim penilai lomba desa melakukan kunjungan ke Desa Landak Kecamatan Jemaja untuk menilai. F-INDRA GUNAWAN/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – Desa Landak Kecamatan Jemaja, Kabupaten Anambas masuk dalam seleksi lomba desa tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Lomba tersebut bertujuan untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan pembangunan yang berlangsung di desa.
Tim penilai dari Pemerintahan Desa tingkat Provinsi sudah melakukan penilaian.

Pada prinsipnya, kegiatan lomba desa untuk memberi semangat kepada masyarakat dalam peningkatan perekonomian masyarakat desa. Melalui lomba ini, pemerintah daerah akan mengetahui perkembangan pembangunan yang dilakukan oleh masing-masing desa.

Target utamanya, yakni terhadap usaha pemerintah desa dalam memajukan dan memberdayakan warganya.
Salah satunya, sejauh mana dukungan untuk kegiatan pendidikan anak usia dini dan posyandu.

”Kemarin tim penilai dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri sudah melakukan seleksi dan mereka langsung terjun ke desa kita. Untuk seleksi tingkat kabupaten sebelumnya, kita dinilai masuk dalam nominasi desa terbaik,” ungkap Amirullah, Kepala Desa Landak kepada wartawan, Rabu (7/6).

Adapun indikator penilaiannya meliputi pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan dan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Ia menjelaskan, ketika tim penilai meninjau langsung ke desanya mereka belum melakukan persiapan sebagaimana mestinya.

Hal itu diakibatkan, tidak ada pemberitahuan tentang kedatangan tim untuk menilai desa. Untuk itu, pihaknya cukup mengalami kesulitan dalam penyampaian atau sesi tanya jawab hanya dapat dilakukan secara manual tanpa memaparkan secara visual.

”Data atau profil desa tersimpan didalam komputer, dan saya tidak menyalahkan tim penilai. Namun, sesi tanya jawab secara manual dikhawatirkan menghasilkan nilai yang tidak maksimal,” jelasnya.

Ia pun meyakini, tim penilai lebih profesional dalam memberi nilai terhadap desanya. Desa Landak memiliki jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 180, dan luas wilayahnya sekitar 5,018 hektare dan memiliki icon pariwisata yakni bangunan markas tentara yang merupakan peninggalan pada penjajahan Jepang. (cr29)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here