Permainan Tradisional Gasing Dilestarikan

0
1469
KETUA LAM Kabupaten Lingga m Ishak ketika mencoba permainan tradisional Melayu yakni gasing. F-ISTIMEWA

LINGGA – Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Lingga dan pengurus pelestari permainan rakyat tradisional Desa Merawang, Persatuan Pemuda Merawang untuk lestarikan permainan gasing.

Untuk melestarikan permainan tradisional itu, dengan menggelar perlombaan gasing yang merupakan permainan tradisional rakyat tempo dulu yang sangat populer.

”Saya bersyukur sekali, ternyata salah satu kegiatan yang digelar Pemkab Lingga, saat perhelatan memuliakan Tamadun Melayu antarbangsa mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat, seperti halnya permainan gasing Lingga ini dan diperlombakan,” kata M Ishak, Ketua LAM Lingga, Senin (19/2).

Ia menyebutkan, perlombaan permainan gasing dipersiapkan selama dua minggu terakhir. Pemrakarsa pertandingan ini adalah, pemuda Desa Merawang yang ingin permainan tradisional ini kembali mendapat tempat di daerahnya. Pertandingan gasing yang dibuka Sabtu (17/2) kemarin, dihadiri ketua LAM Kota Batam, Nyat Kadir.

Sesuai tugas dan fungsinya LAM, mendukung penuh dan mengajak warga Kabupaten Lingga intuk tetap memilihara budaya dan kearifan lokal beserta tradisinya.

”LAM punya tugas dan fungsi yang luas, tidak hanya saja tentang adat seperti tepuk tepung tawar, adat perkawinan yang dipelihara dan dilestarikan, maka juga melestarikan segala hal yang pernah berkembang pada era tempo dulu,” imbuhnya. (tir)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here