Permudah Izin Masuk Pebisnis

0
607
Kepala BP Batam Lukita diskusi dengan Deputi Irjen Bambang, saat pertemuan dengan Kepala Imigrasi Batam, Lucky, Rabu (7/2) di Kantor Imigrasi Batam.F-istimewa/humas bp batam

Lukita Minta Kemudahan dari Imigrasi

Langkah Badan Pengusahaan (BP) Batam untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi, melibatkan semua instansi terkaiit. Terbaru, Kepala BP Batam, Lukita menyambangi Kantor Imigrasi Batam untuk meminta agar izin masuk investor atau pebisnis dan pimpinan perusahaan asing, dimudahkan.

BATAM – Permintaan ini yang direspon Imigrasi untuk rencana pemangkasan persyaratan. Usai melakukan pertemuan, Kepala Imigrasi Batam, Lucky Agung, Rabu (7/2) didampingi Kepala BP Batam, Lukita mengungkapkan materi pembicaraan mereka. ”Kita ingin memberikan kemudahan bagi pebisnis atau investor asing, serta direksi perusahaan asing, untuk masuk Batam,” ungkap Lucky.

Baca Juga :  Pariwisata Lesu, Pengusaha Hotel Ngadu ke Dewan

Saat ini diakui, regulasi itu sedang disiapkan, sesuai dengan keinginan Presiden RI, Joko Widodo. Namun sebagai gambaran, Luky menyebutkan, regulasi yang akan mengatur orang asing masuk Indonesia, khusus yang melakukan bisnis, berinvestasi hingga memimpin perusahaan, akan dipangkas.

”Masih dalam penyusunan. Tapi akan diberikan kemudahan pebisnis dan investor serta direksi perusahaan asing. Ini sesuai diharapkan Presiden untuk mendorong perekonomian Batam,” katanya.

Dengan demikian, maka perizinan akan dipangkas. Namun diingatkan, perizinan yang dipangkas hanya sampai untuk orang tingkat direksi. Sementara dibawah direksi, Warga Negara Asing (WNA) yang akan masuk, tetap harus melalui pengawasan ketat. Persyaratan juga diakui tidak ada pemangkasan. ”Kalau jabatan di bawah direksi, harus tetap melalui seleksi ketat,” jelasnya.

Baca Juga :  Ramadan, THM Tutup 9 Hari

Saat ditanya kapan akan diterapkan, Lucky mengaku masih akan ditindaklanjuti di Dirjen Imigrasi. Namun diharapkan segera mereka selesai menyusun regulasinya. ”Nanti tentu akan ditindaklanjuti pada kerja sama tingkat direktur,” imbuh Lucky.

Di tempat yang sama, Kepala BP Batam, Lukita mengatakan, langkah mereka mereka untuk menemui Imigrasi untuk mendorong bersama-sama membangun ekonomi Batam. ”Dalam membangun ekonomi, harus sinergi BP dengan instansi lain. Makanya saya ke Imigrasi. Kami ingin menanyakan, hal-hal baru, terkait investasi dan pelaku usaha,” jelasnya.

Baca Juga :  Pemko Siapkan Tim Buka Pelayaran Internasional

Lukita menyambut baik pemangkasan regulasi untuk izin masuk para pimpinan perusahaan asing bersama investor. Dalam hal mendukung kinerja Imigrasi di pintu masuk pelabuhan dan bandara, pihaknya akan memberikan fasilitas untuk menunjang tugas Imigrasi.

”Jadi kalau wisatawan juga datang, fasilitas Imigrasi di pelabuhan dan bandara, bisa mendukung percepatan tugas Imigrasi,” harap Lukita.(MARTUA BUTAR BUTAR)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here