Pertamina Tambah 178.000 Tabung

0
798
GAS 3 KG: Seorang pekerja menurunkan gas 3 Kg dari mobil Pertamina, belum lama ini.f-dok/tanjungpinang pos

Untuk kesiapan Natal dan Tahun Baru Pertamina akan menambah Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 Kg sebanyak 178.000 tabung. Karena dalam satu hari rata-rata masyarakat bisa mengonsumsi sebanyak 48.000 tabung.

BATAM – Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I Provinsi Kepri di Batam memastikan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) selama masa libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 aman.

Namun untuk memastikan distribusi berjalan lancar, maka Pertamina membentuk Satgas. Satgas diharapkan sekaligus bisa membantu menangani hambatan distribusi BBM dan LPG.

Sebagaimana disampaikan Branch Manager Pertamina Kepri, Doni Indrawan, Rabu (20/12), pihaknya membentuk Satgas untuk menjaga keamanan distribusi BBM dan LPG keseluruh kabupaten/kota di Kepri.

”Satgas Natal dan Tahun Baru itu sudah berjalan sejak 18 Desember lalu. Di setiap kecamatan bahkan kelurahan yang nantinya akan langsung melaporkan hasil temuan di lapangan,” katanya.

Baca Juga :  Terungkap Prostitusi Online di Batam‎

Pembentukan satgas diakui penting, mengingat jelang Natal dan Tahun Baru, kebutuhan masyarakat dalam mengonsumsi atau menggunakan BBM dan LPG mengalami peningkatan.

”Mereka nanti akan memantau seluruh SPBU dan depot, pangkalan LPG 3. Tidak hanya di tingkat kecamatan, tapi mereka juga ditempatkan di kelurahan yang memantau 2.246 pangkalan LPG 3 Kg,” ujarnya.

Sehingga dengan Satgas Natal dan Tahun Baru, diharapkan kebutuhan BBM dan LPG bisa distribusikan dengan baik. Walau diakui ada kekhawatiran terhadap gelombang laut yang relatif tinggi 1-4 meter, hingga mengganggu distribusi BBM dan LPG.

”Di Kepri kami ada 4 terminal, kalau tidak bisa melakukan distribusi ke kabupaten/kota dengan terkendala gelombang laut. Kami bisa meminta suplai dari Pertamina di luar Provinsi Kepri. Contoh dari Pertamina Pontianak. Jadi tetap aman,” harapnya.

Baca Juga :  Sandi Janji Hidupkan Ekonomi Kerakyatan

Dibeberkannya, konsumsi BBM jenis Gasoline di Kepri di hari biasa per harinya mencapai 1.105 kiloliter (KL). Nantinya akan ada peningkatan menjelang hari Natal dan Tahun Baru sebesar 104 persen.

”Prediksi kami peningkatan BBM mencapai 1.149 kl, per harinya. Atau mengalami peningkatan 104 persen dari rata-rata hanya 1.105 Kl,” kata dia.

Diperkirakan, peningkatan konsumsi masyarakat terhadap BBM akan terjadi pada 2 hari menjelang Natal dan satu hari menjelang Tahun baru. Seperi diketahui aktivitas masyarakat dalam mengendarai kendara sangat meningkat.

”Menjelang tahun baru kosumsi BBM sangat meningkat. Pada umumnya masyarakat akan keluar rumah dan berkeliling menggunakan kendaraan. Kami sudah mengantisipasi ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Pungutan Taksi Pangkalan Mahal

Dia memastikan, tidak akan terjadi kekosongan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) di Kepri. Pasalnya pihaknya sudah mengirim stok BBM satu hari sebelum kehabisan.

”Kami pastikan stok BBM Natal dan Tahun Baru akan tersedia di setiap SPBU di Kepri. Karena pasokan BBM ke masyarakt disuplai dari 4 terminal BBM. Yaitu terminal Kabil di Batam, Tanjunguban, Bintan, Kijang, Bintan dan terminal Natuna Group,” ujarnya.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here