Peserta Kapal Hias Mulai Mendaftar

0
648
Pawai parade kapal hias meriah di Sungai Carang, tahun lalu. f-suhardi/tanjungpinang pos

Saksikan FBK Jilid II Tahun 2017 Sambil Makan Ikan Gratis

Selain dapat menyaksikan ragam pertunjukkan di darat dan laut, para pengunjung yang datang di Festival Bahari Kepri (FBK) Jilid 2 tahun 2017, disiapkan ragam menu makanan ikan gratis dari penyelenggara Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Kepri.

TANJUNGPINANG – Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Kepri, Edy Sofyan, mengajak masyarakat secara luas gemar makan ikan merupakan gerakan yang sudah dikampanyekan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

”Gemar makan ikan ini sudah jadi gerakan nasional. Nah, nanti kita padukan dengan semarak Festival Bahari Kepri (FBK),” jelas Edy Sofyan kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (5/10) kemarin.

Edy Sofyan menceritakan, sejak ada gerakan ini, angka konsumsi ikan masyarakat Kepri trendnya terus meningkat setiap tahun.

Disebutkannya, pada tahun 2015 konsumsi ikan masyarakat Kepri mencapai 49,92 kilogram perkapita. ”Angka ini, jauh di atas angka konsumsi ikan perkapita nasional yang hanya mencapai 29,49 kilogam per tahunnya,” terang Edy menceritakan.

Ia menyampaikan, dalam rangka FBK 2017 ini, DKP sepenuhnya siap turut menyemarakkan rangkaian yang sudah berlangsung dua tahun ini.
Ia menggambarkan, untuk lokasi dan teknisnya nanti, para peserta yang turut berpartisipasi masih menunggu arahan panitia pelaksana, Dinas Pariwisata sebagai pihak penyelenggara utama. ”Kalau soal jadwal dan pelaksanaannya, kami menyesuaikan,” tambahnya.

Ia berharap, pada saat rangkaian makan ikan gratis ini berlangsung, bertepatan pada saat para wisatawan asing yang menggunakan kapal layar (yacht) turun ke darat untuk menyaksikan rangkaian acara FBK. Atau paling tidak, disiapkan untuk pengunjung yang sengaja datang jauh-jauh ingin menyaksikan perhelatan iring-iringan rombongan kapal hias dari Sungai Carang ke Pantai Tepilaut, lokasi persis yang digunakan untuk perhelatan FBK.

”Paling tidak, gemar makan ikan gratis ini disiapkan saat masyarakat menyaksikan kapal hias di tengah laut,” sarannya.

Di kesempatan lainnya, panitia acara dari Dinas Pariwisata Kepri, Deddy menyampaikan, para peserta kapal hias Sungai Carang yang mendaftar sejak Kamis kemarin sudah lebih kurang tujuh peserta.

Masing-masing peserta yang mendaftar saat ini, Satpol PP Kepri, Dishub Kepri, Dinas Lingkungan Hidup Kepri, Dinas Kelautan dan Perikanan Kepri, KSOP Tanjungpinang, PT Pelindo Tanjungpinang. ”Jumlah dibatasi sampai 30 peserta. Sampai saat ini masih dibuka pendaftaran,” ujar Deddy.

Menurut Deddy, berdasarkan surat edaran Dispar terkait kesuksesan Festival Bahari Kepri tahun ini, seluruh OPD maupun lembaga dan FKPD di wilayah Kepri untuk ikut serta dan berpartisipasi terhadap pelaksanaan Kapal Hias Sungai Carang ini.

Deddy menyampaikan, untuk pelaksanaannya, berdasarkan rapat terbatas dengan perwakilan panitia penyelenggara. Untuk kategori Festival Sungai Carang (FSC) ini masih seperti tahun lalu. Yakni menggunakan rute dari Jembatan Sungai Carang, melintasi Kampung Bugis, Pelantar 2 hingga berakhir di depan laut Tanjungpinang, persisnya di depan Gedung Gonggong.

”Hanya saja untuk jadwal pelaksanaan dimajukan, mulai dari pukul 14.00 sampai 18.00 malam. Atau kita sesuaikan dengan kondisi pelayaran di pelabuhan-pelabuhan sekitar rute yang lewat,” terangnya demikian.

”Untuk peserta yang mendaftar bisa menghubungi 081633975. Atau datang langsung ke kantor Dinas Pariwisata Kepri di Kantor Gubernur Kepri Pulau Dompak, setiap hari kerja,” katanya seraya menambahkan bahwa FBK tahun 2017 digelar mulai 12 Oktober.(SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here