Peserta Paskibra Ikuti Tiga Tahapan Seleksi

0
1610
SELEKSI: Peserta Paskibra utusan dari sekolah tingkat SMA sederajat di Tanjungpinang sedang mengikuti seleksi Samapta di Lapangan Pamedan, Selasa (18/4). f-DESI LIZA PURBA/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Untuk menjadi Pasukan pengibar bendera (Paskibraka) Kota Tanjungpinang 2017, ada tiga tahapan seleksi yang harus diikuti peserta yang terdiri dari utusan siswa SMA/SMK se Tanjungpinang.

Pertama, yaitu tes Peraturan Baris-Berbaris (PBB). Dilanjutkan dengan tes Samapta dan terakhir kesehatan.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Tanjungpinang, Gunawan Grounimo menuturkan, proses seleksi sedang berlangsung selama tiga hari. Dimulai sejak Senin sampai dengan Rabu (17-19/4).

Ia menilai antusias siswa untuk menjadi anggota Paskibra sangat tinggi, itu terlihat dari jumlah peserta yang mencapai 700 lebih. Setelah melalui seleksi pertama yaitu PBB, tersisa 270 siswa yang mengikuti seleksi berikutnya yaitu Samapta lebih kepada tes fisik.

Baca Juga :  Siswa Belajar Online di Laman

Dari seleksi Samapta baru dilanjutkan seleksi tahap ketiga yaitu kesehatan. Nantinya tim medis yang akan mengecek secara menyeluruh, mulai dari mata, bentuk kaki, tangan, tensi serta beberapa lainnya.

”Kita sudah punya tim medis dari Dinkes Kota Tanjungpinang untuk melaksanakan pengecekan kesehatan,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos saat di jumpai di lapangan Pamedan, Tanjungpinang saat siswa mengikuti tes Samapta.

Dari tiga tahapan seleksi ini, tim akan menentukan 10 siswa yang terdiri dari lima pria dan wanita yang akan dikirimkan mengikuti seleksi Paskibra tingkat provinsi.

Baca Juga :  Kekurangan Guru, DPRD Panggil Kadisdik

Dari 10 siswa tersebut belum tentu semua lulus, namun formasi untuk 32 Paskibra Tanjungpinang sudah mulai disusun tim di tingkat kota sembari menunggu hasil pengumuman dari provinsi.

”Kita berharap 10 siswa terbaik dapat lulus ke tingkat provinsi. Jika tidak maka akan bergabung ke tim 32 di tingkat kota,” ungkapnya.

Diceritakannya, untuk kontur tubuh pria banyak masuk hitungan secara nasional. Sedangkan wanita tidak banyak yang mencapai tinggi 165 centimeter. Ada, namun rata-rata di 162,163 centimeter dan ini menjadi tantangan bagi panitia untuk menyiapkan tim Paskibra terbaik.

Baca Juga :  Soal UN Boleh Digandakan

”Tim akan mencari dan menyesuaikan agar anggota Paskibra ukurannya tingginya sama. Sebab ini ketentuannya,” ungkapnya.

Maka nantinya ukuran anggota Paskibra pria harus menyesuaikan dengan wanitanya. Setelah tahap seleksi selesai, nantinya dilanjutkan dengan karantina. Ini rencananya akan dilaksanakan awal Juli mendatang.(DESI LIZA PURBA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here