Petani Buru Kembangkan Pepaya California

0
363
SOSIALISASI: Kelompok Tani di Desa Tanjungbatu Kecik beserta pihak Kecamatan Buru bertemu pada sosialisasi membahas lanjutan pengembangan penanaman holtikultura. F-ISTIMEWA

KARIMUN – Kelompok Tani Buru di Kecamatan Buru kembali melakukan pertemuan untuk membahas pengembangan prospek pertanian kultikultura. ”Kami bersama kelompok tani se Kecamatan Buru, telah bertemu dengan pihak Camat Buru dan instasi lain di Desa Tanjng Batu Kecik. Pada prinsipnya, pihak pemerintah mendukung penuh program petani untuk mengembangkan lahan tidur,” kata No, salah seorang petani.

Ia menambahkan, pengembangan lahan pertanian di Desa Tanjungbatu Kecik akan menerapkan sistem bapak angkat selaku pembina atau pemodal. Tujuannya, untuk kebutuhan pengolahan, perawatan dari masa tanam sampai masa panen dan tanaman sampingan lainnya seperti jenis sayuran.

Tanaman yang akan dikembangkan adalah pepaya california, dikembangkan menyesuaikan kebutuhan pasar di Karimun dan Kepri. Dalam waktu dekat, akan dilakukan penanaman setelah masa penyemaian bibit selesai. ”Pengembangan penanaman akan didampingi dengan penyuluh, agar penanaman sesuai dengan tata cara budidaya pepaya,” tambah No.

Ia mengajak masyarakat Buru, untuk memanfaatkan lahan pertanian.
Sehingga, dengan bercocok tanam mampu menghasilkan cabe, sayuran dan jagung. ”Permintaan pasar hasil pertanian cukup terbuka, sampai hari ini. Hasil pertanian Kabupaten Karimun belum mampu memenuhi kebutuhan pasar. Ini yang membuat harga sayuran kerap tinggi,” tutup Yono.

Dengan adanya pengembangan holtikultura, sehingga meningkatkan daya saing petani lokal untuk hasilnya. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here