Pilkades Bintan Buyu Ditetapkan 27 April

0
807
Daeng Ibrahim

BINTANBUYU – Pemkab Bintan telah menetapkan jadwal dan tahapan penyelenggaraan pemilihan kepala desa (Pilkades) Bintan Buyu, baru-baru ini. Pemungutan suara Pilkades Bintan Buyu ditetapkan 27 April 2017 ini.

Plt Kepala Desa Bintan Buyu Daeng Ibrahim menjelaskan, Pemerintah Desa Bintan Buyu telah menerima surat penetapan jadwal Pilkades Bintan Buyu, dari Asisten I Setdakab Bintan, baru-baru ini. Berdasarkan jadwal tersebut, saat ini sudah memasuki tahapan persiapan.

Persiapan itu mulai dari pemberitahuan BPD kepada Kades tentang berakhir masa jabatan, pembentukan panitia pemilih kades, penyampaian laporan akhir masa jabatan kepada bupati, perencanaan biaya Pilkades, sampai dengan pengumuman daftar pemilih oleh panitia pemilih.

Baca Juga :  Tiga Manajemen Club Med Disidang Tipiring

”Tahap persiapan itu sudah berjalan,” kata Daeng Ibrahim di ruang kerjanya, Selasa (14/2) kemarin.

Untuk pencalonan, akan dilakukan tahapan pengumuman dan pendaftaran bakal calon kades, 8 sampai dengan 16 April. Pengumuman nama calon yang telah ditetapkan 20 April, dilanjutkan dengan kampanye 21 sampai 23 April.

”Masa tenang diberikan selama 3 hari, tanggal 24 sampai dengan 26 April nanti. Kemudian, pemungutan suara dilaksanakan, tanggal 17 April 2016,” sebutnya.

Kemudian, dari jadwal tersebut, panitia Pilkades akan menyampaikan hasil Pilkades kepada BPD paling lambat 7 hari setelah pemungutan suara.

Baca Juga :  PMII Minta Kades Terpilih Cepat Dilantik

BPD akan menyampaikan hasil laporan Pilkades itu kepada bupati melalui pemerintah kecamatan, paling lambat seminggu setelah menerima laporan dari panitia Pilkades.

”Bupati menetapkan hasil Pilkades itu tanggal 22 Mei 2017. Sedangkan pelantikan calon terpilih dilaksanakan 31 Mei 2017,” jelas Daeng Ibrahim.

Tahun 2016 lalu, Pilkades Bintan Buyu gagal dilaksanakan, akibat dari gugatan calon kades. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here