PKL di Jalan Gambir Akan Digusur

0
1113
PEDAGANG: Inilah kondisi pedagang di Jalan Gambir yang cukup padat. F-SUHARDI/TANJUNGPINANG POS

Pemerintah Kota (Pemko) Kota Tanjungpinang akan mennata Pedagang Kali Lima (PKL) yang ada sepanjang Jalan Gambir, Tanjungpinang. Penertiban akan dilakukan dalam waktu dekat ini. 

Tanjungpinang – Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah mengatakan, para PKL nanti akan dipindahkan ke kawasan Pasar Baru yang baru dibangun oleh Pemerintah Provinsi Kepri melalui dana APBN. Lokasinya di Jalan Gambir. Sisanya, akan dimasukan ke dalam Pasar Baru yang lama.

”Coba lihat sekarang Jalan Gambir itu sudah penuh dengan PKL liar. Kendaraan sangat sulit masuk,” kata Lis Darmansyah, usai menghadiri Musrenbang tingkat Kecamatan Tanjungpinang Barat di Kantor Camat Tanjungpinang Barat, Senin (20/2).

Pemerintah telah menyediakan lokasi yang strategis dalam Kota Tanjungpinang untuk menampung ratusan pedagang kali lima yang terkena gusuran. Kawasan Jalan Gambir tahun ini tak boleh lagi ada PKL yang berjualan. Bila masih ada PKL yang berjualan, nanti akan ditertibkan oleh Satpol PPP.

Baca Juga :  Warga Bisa Cetak Akta Kelahiran Sendiri

Soal relokasi PKL, Lis mengakui pasti ada pro dan kontra. Secara umum, sulit agar semua PKL setuju untuk direlokasi dengan berbagai alasan.

Tapi penertiban akan terus dilakukan dengan berbagai risiko. Tujuan utamanya adalah menata Kota Tanjunginang agar menjadi lebih baik dan rapi.

”Tahun ini juga akan kita tertibkan. Tapi, sebelum ditertibkan kita akan melakukan sosialisasi bersama dengan BUMD Kota Tanjungpinang,” tegasnya.

Politisi PDIP ini yakin, PKL yang berjualan di pinggri Jalan Gambir, bisa memakluminya. Sebab, kawasan Jalan Gambir akan ditata agar kawasan ini terlihat indah dan akses jalan lancar.

Baca Juga :  Oktober, Rumah Dinas Ditempati

”Kalau akses menuju Pasar Baru dan sekitarnya lancar keluar masuk kendaraan, dampaknya juga dirasakan oleh para pedagang,” tegasnya.

Bila berlarut-larut tidak dilakukan penertiban terhadap PKL, setiap hari PKL jumlah terus bertambah, akan merugikan para pedagang yang berjualan di dalam pasar.

”Pro dan kontra pasti ada. Tapi, ini demi keindahan kota. Dan, kita sudah menyediakan tempatnya,” tegasnya.

Direktur BUMD Kota, Asep Nana Suryana, menambahkan, sudah tiga bulan terakhir ini, mereka mensosialisasikan rencana relokasi PKL di Jalan Gambir.

Semua PKL yang ada di Jalan Gambir, akan dimasukan ke dalam Pasar Baru. Penampungannya di dalan Pasar Baru yang baru dibangun Pemprov Kepri, dan Pasar Baru yang lama.

”Nanti Jalan Gambir tidak boleh lagi ada PKL yang jualan,” tegasnya.

Baca Juga :  Lagi, Harga Cabai Penyebab Inflasi

Jalan Gambir nanti akan diaspal ditata dengan baik. Akan dijadikan tempat parkir kendaraan.
Jadi, masyarakat yang akan belanja ke Pasar Baru atau Pasar Pagi, bisa memakirkan kendaraan di Jalan Gambir.

”Memang ada Pro dan Kontra, tapi ini aturan yang harus dilaksanakan. Dan, PKL juga sudah kita arahkan untuk berjualan di dalam Pasar Baru,” tegasnya.

Dan, dalam waktu dekat ini, penertiban PKL di Jalan Gambir akan di laksanakan.

”Ini aturan dari Pak Wali Kota, untuk menata Jalan Gambir lebih baik lagi. Ya, kita ajak PKL berjualan di dalam pasar,” bebernya.(ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here