Pohon Tumbang, Listrik Ikut Padam

0
734
TUMBANG: Pohon tumbang dan menimpa tiang listrik di Batu 8 Atas, kemarin. f-raymon/tanjungpinang pos

Hujan dan Angin kencang Mengamuk di Tanjungpinang  

Jika hujan deras turun, maka harus waspada. Apalagi jika hujan deras disertai angin kencang, harus lebih waspada lagi. Tengok kiri kanan jangan sampai ditimpa pohon tumbang.

RAYMON – TERLEBIH di daerah Batu 8 Atas. Di sepanjang jalan ini banyak pohon besar tumbuh subur di pinggir jalan. Jika angin kencang, daun-daun pohon berguguran.

Selama ini, pohon-pohon di sana relatif aman dan jarang terdengar tumbang hingga bikin repot warga kota ini.

Kali ini, pohon di sana sudah mengancam nyawa orang. Saat hujan deras disertai angin kencang melanda, pohon besar di pinggir Jalan Raja Haji Fisabilillah, Batu 8 Atas tumbang, Selasa (18/4) kemarin.

Akibatnya, pohon menimpa kabel listrik hingga putus. Sehingga mengalami gangguan listrik di tiga wilayah seperti di Hang Lekir, Jalan Karya dan sekitar Dompak.

Baca Juga :  Giliran Pantai Cermin dan Porgab Tersingkir

Informasi yang diperoleh, pohon tumbang di saat hujan deras mengguyur serta angin bertiup kencang. Tiba-tiba pohon langsung tumbang setelah diterpa angin kencang.

Tumbangnya pohon ini nyaris membahayakan pengguna jalan yang sedang melintas. Tidak hanya itu, rumah Yanti (37), warga sekitar nyaris tertimpa.

Bahkan arus lalu lintas sempat terganggu karena pohonnya melintang di tengah jalan sehingga membuat pengendara tidak bisa lewat.

Tak lama berselang, petugas dari PLN Bintan Centre dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan langsung terjun ke lokasi membersihkan pohon dari jalan.

”Tadi api dari kabel listriknya besar. Takut terbakar juga rumah ini. Cuma cahaya apinya yang kelihatan,” ujar Yanti saat ditemui di rumahnya.

Baca Juga :  Dikembangkan Warga dan Kepala Desa

Dia menuturkan, saat pohon tumbang, ia mengira tiang listrik disambar petir. Namun, setelah melihat ke jalan raya, pengendara motor tidak bisa lewat karena ada pohon melintang.

Yanti menyampaikan saat pohon tumbang tidak ada pengendara yang tertimpa pohon. Ketika pohon sudah tumbang, barulah pengendara melintas namun tak bisa lewat karena terhalang.

”Tadi saya pikir tiang listrik yang kena. Di sini memang banyak pohon yang sudah membahayakan. Untung tak ada pengendara yang ketimpa,” ujar dia.

Menurutnya, masih banyak pohon yang berpotensi tumbang di sepanjang jalan itu. Yanti berharap kepada dinas terkait agar segera melihat dan memangkas pohon yang berpotensi akan tumbang.

”Masih banyak pohon yang mau tumbang. Kalau bisa, dinas terkait harus mengeceknya dan menumbang pohon yang dapat membahayakan pengendara,” sebutnya.

Baca Juga :  Lirik Anambas, Investor Siapkan Rp1,8 Triliun

Supervisor Teknik PLN Bintan Centre Afyul mengatakan, dalam kejadian ini ada delapan pin isolator dan dua kabel rusak sehingga membutuhkan waktu untuk memperbaikinya.
Dampak kerusakan yang ditimbulkan pohon tumbang ini di wilayah Hang Lekir, Jalan Karya dan sekitar Dompak mengalami gangguan pemadaman.

”Hari ini selesai dan lebih cepat pengerjaannya karena orangnya banyak. Yang padam di Hang Lekir, Jalan Karya dan sekitar Dompak. Mudah-mudahan sore listrik sudah menyala kembali,” ujar Afyul di lokasi.(RAYMON)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here