Polair Maksimal Keamanan Jalur Transportasi Laut

0
2460
KAPAL: Kapal Roro yang menjadi modal transportasi laut, yang menghubungkan Tanjunguban-Batam. F-ADLY BARA/TANJUNGPINANG POS

BINTAN – Pantau keamanan laut Bintan, Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Bintan memaksimalkan patroli laut selama 7 jam setiap hari.

Walau saat ini Satpolair hanya memiliki 2 armada kapal patroli, di bagi menjadi dua wilayah yakni Kecamatan Bintan Utara dan Bintan Timur.

Untuk Bintan Timur, pos Satpolair berada di Kijang dan wilayah Bintan Utara berada di Tanjunguban.

Kepala Satuan (Kasat) Polair Bintan AKP Nurman mengatakan dengan memiliki 2 armada, pihaknya tetap memaksimalkan patroli wilayah yang telah dibagi.

Pihaknya harus mengawasi keamanan laut Bintan, dengan luas lautan yang melebihi dari daratan Bintan.

Baca Juga :  Kecamatan Harus Maksimalkan Razia Yustisi

Menurutnya, dengan memiliki kekuatan 7 orang personel untuk setiap kapalnya, harus dilakukan dengan jeda waktu jam patroli.

”Satu hari itu kita patroli 7 hingga 8 jam sehari, tetapi tidak patroli penuh. Ada jeda waktunya, dan singgah dibeberapa pulau,” ujar Nurman, Jumat (3/2).

Nurman juga menjelaskan, perairan Kepri sangat rawan dengan aksi kejahatan di laut. Untuk itu pihaknya mengawasi setiap jalur transportasi kapal, baik itu kapal penumpang dan kapal lainnya.

Menurutnya aksi pencurian dan potensi gangguan keamanan lainnya di laut, peluangnya sangat tinggi karena perairan yang luas.

Baca Juga :  BUMdes Ajarkan Penataan Usaha

”Terkadang aksi pencurian juga terjadi di kelong milik warga. Untuk itu kami harus selalu memantau keamanan, dan bersinergi dengan nelayan. Belum lagi perompak yang beraksi di jalur laut,” terangnya.

Untuk meningkatkan jam patroli kedepannya, pihaknya telah mengajukan untuk penambahan personel serta penambahan kapal patroli. Namun sampai saat ini, usulan tersebut masih dalam pembahasan.

Sehingga dengan personel yang ada, Nurman tetap memaksimal keamanan laut dengan dukungan personel dan kapal yang ada.

”Dengan personel sekarang ini, kita tetap melaksanakan pengamanan laut dengan memantau eluruh aktivitas. Baik itu resor, nelayan bahkan transportasi laut,” ungkapnya. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here