Polairud Kepri Harus Tumpas Perompak

0
857
HUT UPACARA: Personel Polairud Polda Kepri menggelar upacara HUT ke-67, Selasa (5/12) di Batam.f-istimewa/humas polda kepri

BATAM – Pada peringatan HUT ke-67, Polairud Polda Kepri diminta untuk meningkatkan peran dalam pemberantasan kejahatan laut. Selain itu, menjelang Pilkada serentak tahun 2018 nanti, diminta agar Polairud ikut serta berperan menjaga keamanan dari laut, termasuk untuk Kepri yang didominasi laut.

Pada peringatan HUT Polairud, Kapolda Kepri Irjen Pol Drs. Didid Widjanardi, Selasa (5/12) mengatakan, Polairud memainkan peran penting dalam mendukung pemberantasan berbagai bentuk kejahatan.

”Seperti perampokan di laut, pembalakan liar, kejahatan pertambangan, perdagangan manusia, serta berbagai bentuk kejahatan perikanan,” kata Didid.

Baca Juga :  Gubernur Awali Safari Ramadan dari Penyengat

Diingatkannya, penting disadari bahwa tantangan tugas dalam menjaga wilayah udara dan perairan ke depan tidaklah semakin ringan. Terlebih kebijakan dan berbagai program pemerintah yang memfokuskan pembangunan pada sektor kemaritiman.

”Guna mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, tentu membutuhkan kesiapan dan kontribusi aktif dari Polri, khususnya Korpolairud,” sambungnya.

Karena itu, diambil satu langkah kebijakan, dalam menyiapkan satuan Polairud yang solid. Dengan melakuan Restrukturisasi. Karena itu, terhitung mulai tanggal 6 April 2017, Kepolisian Perairan dan Kepolisian Udara, Baharkam disatukan.

Baca Juga :  Perhatikan Kesehatan & Makanan JCH

”Penguatan ini diharapkan dapat memberikan dampak signifikan dalam tubuh Polairud, terutama dalam meningkatkan kinerja baik di tingkat Mabes Polri maupun di kewilayahan,” ujarnya, sebagaimana pidato Kapolri Tito.

Secara nasional, kekuatan armada patroli laut Ditpolair saat ini berjumlah 1.016 unit. Sedangkan kekuatan pesawat udara Ditpoludara saat ini berjumlah 58 unit, terdiri atas 10 unit pesawat terbang dan 48 unit helikopter.

Dua helikopter secara resmi memperkuat Ditpoludara mulai hari ini bertepatan dengan peringatan HUT ke-67 Korpolairud.

”Itu akan digunakan membantu keamanan nasional. Termasuk saat Pilkada serentak di 171 wilayah. Juga untuk penyelenggaraan Asian Games di Jakarta dan Palembang, serta penyelenggaraan Imf-Wolrd Bank Annual Meeting 2018 di Bali,” bebernya lagi. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here