Polres Intensifkan Pengawasan Dana Desa

0
416
KEGIATAN normalisasi drainase mengantisipasi banjir dan saluran irigasi untuk meningkatkan produksi Pertanian Warga yang menggunakan Dana Desa 2016. f-TENGKU/TANJUNGPINANG POS

LINGGA – Kapolres Lingga AKBP Ucok Lasdin Silalahi menegaskan, pihaknya akan lebih mengintensifkan pengawasan penggunaan Dana Desa (DD). Untuk itu, ia meminta kepala desa untuk benar-benar memahami prosedur dan aturan pengunaannya sesuai aturan yang berlaku.

”Sebagai pihak penegak hukum dan adanya kerja sama dengan Kementerian Desa dan Kementrian Dalam Negeri dan Polri menjadi kewajiban untuk melakukan pengawasan yang lebih intensif,” kata Ucok, Kamis (8/2).

Ia menjelaskan, dengan pengawasan yang baik oleh semua unsur masyarakat bersama Polri diharapkan pengunaan dana desa sesuai peruntukan untuk pembangunan yang lebih baik di desa agar dapat mandiri sesuai program ini.

Hal-hal yang dapat menghambat pembangunan desa, menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mengetahui sejak dini persoalan dan kendala yang dihadapi.

”Polri bersama Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) mengenai dana desa,” tegasnya lagi.

Dalam nota kesepahaman tersebut, diatur kerja sama terkait pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan Dana Desa. Sehingga, penggunaan dana desa diharapkan dapat memberikan manfaat dan mensejahterakan masyarakat pedesaan.

”Kami juga meminta kepada kepala desa dan perangkatnya untuk melaporkan jika ada pihak tidak bertanggungjawab melakukan pemerasan terkait pengunaan dana desa,” imbuhnya. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here