Polres Segera Layani SIM Online

0
1412
PETUGAS SIM Keliling melayani masyarakat yang memperpanjang SIM di kawasan pelantar, belum lama ini.f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – POLRES Tanjungpinang segera memberikan pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) online, untuk mempermudah masyarakat. Jika selama ini pelayanan SIM Keliling di daerah Bintan Centre dan kawasan Pelantar jalan Merdeka hanya untuk KTP Tanjungpinang, ke depan sudah bisa menggunakan KTP dari daerah lain.

Kasat Lantas Polres Tanjungpinang AKP Krisna Yowa Rahmadhani menyebutkan, peningkatan pelayanan dalam pembuatan SIM, selama ini hanya menggunakan KTP Tanjungpinang. Ke depannya, sudah bisa menggunakan KTP dari mana saja. ”Namun saat ini peralatan SIM Online sedang dipersiapkan,” katanya, Senin (12/2) kemarin.

Baca Juga :  Warga Minta Pemko Sediakan Tong Sampah

Krisna menyebutkan, dengan layanan SIM Online ini, masyarakat yang sedang berada di luar kota tidak perlu kembali ke kota asalnya, untuk memperpanjang SIM miliknya. Misalnya, seorang warga sudah memiliki SIM Jakarta atau daerah lain, untuk perpanjangan bisa dilakukan di Tanjungpinang.

Krisna menjelaskan, layanan SIM Online ini juga bisa digunakan untuk masyarakat yang baru mau membuat SIM. Alur pembuatannya hampir sama dengan manual, yakni dimulai dari pendaftaran yang dilanjutkan ke verifikasi data. ”Data ini sudah terintegrasi dengan database dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) seluruh Indonesia,” jelasnya.

Baca Juga :  Yeny Trisia Resmikan Surau Arafah

Menurutnya, sejauh ini aplikasi tes teori sudah terpasang di komputer. Namun, Polres Tanjungpinang akan uji coba dahulu. Apabila tidak ada permasalahan lagi, maka secepatnya diterapkan di Satlantas Polres Tanjungpinang. ”Kita masih menunggu pemasangan dari pihak swasta, nanti kita uji coba terlebih dahulu. Semoga secepatnya dapat kita terapkan,” ujarnya.

Selama ini, Polres Tanjungpinang juga memberikan kemudahan bagi warga yang ingin mengurus SIM. Perpanjangan SIM bisa dilakukan melalui layanan mobil SIM Keliling, di kawasan Bintan Centre maupun di Pasar Jalan Merdeka, kawasan Pelantar. (RAYMON)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here