Portal Jantung Melayu dan Perpustakaan Daerah Saling Melengkapi

0
1154
SERAHKAN: Direktur jantungmelayu.com, Ramon Damora menyerahkan bantuan buku kepada Sekdaprov Arif saat peluncuran, jantungmelayu.com, Sabtu lalu. F-DOKUMEN/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Peluncuran portal jantungmelayu.com, Sabtu (11/3) malam lalu memberikan kesan tersendiri tidak hanya bagi masyarakat Melayu Tanjungpinang, juga kepada beberapa instansi pemerintah yang bergerak di bidang literasi dan arsip, di antaranya perpustakaan Kota Tanjungpinang.

Di akhir acara peluncuran portal jantungmelayu.com di Gedung Gonggong Tanjungpinang, Ramon Damora selaku Direktur Jantung Melayu juga menyumbangkan buku ke Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kepri dan Kota Tanjungpinang yang diterima langsung oleh Sekda Provinsi Kepri dan Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang.

Hal inilah yang dianggap sebagai tali pengikat oleh perpustakaan. Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang, Wan Samsi mengaku menyambut baik kelahiran portal digital Jantung Melayu.

Baca Juga :  Rebut KM Sabuk Nusantara dengan Pendekatan

Ditegaskannya, bahwa perpustakaan Tanjungpinang siap menjalin literasi bersama portal berbasis budaya ini dalam melebarkan sayapnya.

”Kami punya arsip juga terkait adat dan budaya. Jadi jika diperlukan, kami siap menyumbangkan demi kemaslahatan orang banyak,” kata Wan.

Dilanjutkan Kepala Bidang Pelayanan Perpustakaan, Hernida, langkah tersebut dinilai penting demi terwujudnya budaya literasi di masyarakat.

”Intinya saling melengkapi lah antara Jantung Melayu dan perpustakaan,” ujarnya kepada awak media, Selasa (13/3).

Wali Kota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah SH juga mengucapkan selamat atas peresmian portal ini.Dengan hadirnya portal jantungmelayu.com bisa menjadi media yang mampu menggugah kembali nilai-nilai khazanah budaya Melayu yang ada di Kepri maupun serantauan.

Baca Juga :  Pemprov Cuek Soal Dana Reklamasi

Melalui media ini, segala informasi mengenai adat istiadat dan budaya Melayu, baik itu adat cara berpakaian, adat acara tepuk tepung tawar, berinai, dan hal-hal kekayaan tradisonal lainnya akan mudah di akses oleh masyarakat.

Sejatinya, portal jantungmelayu.com menyediakan laman-laman tulisan sesuai dengan kelompoknya seperti kolom Resam yang dikelola Husnizar Hood setiap Rabu, ada juga Melayu Hari Ini yang berisikan informasi update kemelayuan. Selain itu, aja juga kolom khazanah, sejarah, seni, sastra hingga kolom kehidupan orang-orang Melayu.

Baca Juga :  Gubernur Sambut Ekspansi Garuda ke Batam

Direktur jantungmelayu.com, Ramon Damora menegaskan bahwa fungsi kolom tersebut tidak lain adalah untuk kemudahan pengunjung portal dalam mengonsumsi bacaan.

”Biar gampang memilih serta bacaan sesuai kebutuhan. Kita juga sertakan alamat redaksinya di redaksi@jantungmelayu.com untuk laluan kepada masyarakat yang ingin memberikan kontribusi tulisannya dalam menjaga khazanah semenanjung Melayu,” beber Ramon. (cr33)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here