Posko Dijadikan Tempat Belajar

0
780
ANAK-anak di Desa Mantang Baru ikuti aktivitas belajar di Posko mahasiswa KKN-RM UMRAH 2018 di Desa Mantang Baru, kemarin. f-istimewa

Mahasiswa KKN UMRAH Bentuk Rumah Pintar

Untuk membantu siswa di Desa Mantang Baru, Kecamatan Mantang, Bintan mahasiswa kelompok Kuliah Kerja Nyata Revolusi Mental (KKN-RM) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) menjadikan posko mereka menjadi tempat belajar.

BINTAN – MEREKA pun menjalankan kegiatan Program Rumah Pintar itu untuk membantu mencerdaskan warga desa tersebut. Pendirian rumah pintar tersebut menggunakan sarana posko KKN-RM mahasiswa UMRAH di desa tersebut. Sementara, aktivitas rumah pintar yang dimaksud merupakan tempat anak-anak sekolah belajar menyelesaikan tugas dari sekolah.

Tidak hanya itu, mahasiswa-mahasiswi KKN-RM UMRAH juga memberikan pelajaran lainnya untuk memperkaya wawasan pelajar di Mantang. ”Awalnya kami berinisiatif mendirikan rumah pintar, karena kami menerima informasi bahwa kualitas pendidikan di Desa Mantang Baru sangat rendah. Inilah yang menjadi persoalan, dan kami memberikan solusi dengan mendirikan rumah pintar di posko KKN kami,” terang Bayu Apryanes, mahasiswa UMRAH selaku Ketua Kelompok KKN-RM di Desa Mantang Baru, Sabtu (25/8).

Baca Juga :  IMKL Bantu Promosikan Kampus di Lingga

Bayu dan 8 anggota kelompok KKN nya, bersama-sama mengajarkan anak-anak SD Negeri 003 Satu Atap di Desa Mantang Baru mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan guru. Aktivitas di rumah pintar tersebut salah satunya mengajar les, beberapa mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Untuk pelajar SMP, ia bersama anggota kelompoknya mengajar langsung di rumah siswa tersebut.

”Kelanjutan dari program rumah pintar itu, kita terjun langsung ke sekolah yaitu dalam bentuk kegiatan KKN. Dengan mengajar selama 3 hari, sekaligus memberikan hiburan dan motivasi supaya murid-murid di sana giat untuk belajar,” terang Bayu Apryanes.

Baca Juga :  650 Calon Mahasiswa Lulus SNMPTN di UMRAH

Bayu dan anggota kelompoknya merasa senang karena program KKN Rumah Pintar mendapat apresiasi dari warga setempat. Sebab, para orangtua menganggap pentingnya ada sarana kegiatan belajar di luar sekolah untuk memperbaiki kualitas pendidikan yang rendah di desa mereka.

Dari salah satu orangtua murid ada mengatakan, program kerja yang mereka lakukan cukup membantu anak-anak dalam menerima pelajaran dan memudahkan mereka untuk mempelajari pelajaran yang belum diajarkan.

”Kami senang dan semoga ini menjadi perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan yang turut meningkatkan kualitas pendidikan di Mantang,” ungkapnya.

Baca Juga :  Kaum Milenial Diajari Bahasa Publik

Sebelumnya, kelompok yang diketuai oleh Bayu ini telah melaksanakan beberapa program kerja KKN selain mendirikan rumah pintar. Selain itu, juga ada sosialisasi anti narkoba di SMP Negeri 23 Satu Atap Mantang.(ADLY BARA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here