Potensi Dana CSR Capai Rp100 M

0
695
Sosialisasi CSR: Sosialisasi CSR di hotel vista, Batam, kemarin. f-Istimewa/ Humas Pemko Batam

BATAM – Pemerintah mengumpulkan pengusaha di Batam untuk memanfaatan dana CSR atau tanggungjawab sosial perusahaan. Diharapkan, walau penyaluran atau pemanfaatan dana CSR tetap ditangani perusahaan, namun program dari dana CSR harus sejalan dengan program Pemko Batam. Potensi dana CSR sendiri diperkirakan bisa mencapai Rp100 miliar. Saat ini, dibentuk forum tanggungjawab sosial perusahaan (CSR), untuk memfasilitasi perusahaan dalam mendorong pembanguan di Batam. Sehingga kedepan, program CSR perusahaan, selaras dengan program Pemko Batam.

Wali Kota Batam, HM Rudi mengungkapkan, Selasa (22/8) saat melakukan sosialisasi terkait tanggungjawab sosial terhadap pengusaha di Batam, mengingatkan sinergi program dari pelaku usaha yang memiliki dana CSR. ”Untuk menuju industri pariwisata, diharap bisa memacu kreativitas masyarakat. Dari bapak ibu sekalian melalui CSR yang ada, mampu membantu UKM untuk bisa lebih berkembang,” kata Rudi.

Diakui Rudi, Pemko Batam tidak mampu hanya mengandalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam kerangka APBD untuk membangun Batam. Diperlukan terobosan dari sektor lain untuk dapat bersama-sama membangun Batam, salah satunya peran serta swasta melalui dana CSR. ”Yang belum alokasi untuk satu pembangunan dan ada perusahaan membantu lewat dana CSR, bisa bantu,” kata Rudi.

Dia mencontohkan rencana lelang 4 titik taman di sekitar fly over Simpang Jam kepada perusahaan yang berminat. Perusahaan diharap bisa memberikan warna pembangunan dengan kompensasi mencantumkan nama atau logo perusahaannya pada titik tersebut. ”Fly over juga bisa dipercantik dengan warna yang sesuai dan lampu hias. Nanti bisa buat logonya,” kata Rudi yang hadir didampingi Wakil Wali Kota Batam Amsakar Ahmad dan Ketua DPRD Batam, Nuryanto.

Sementara Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto mengatakan peran pihak swasta melalui penyaluran dana CSR merupakan bentuk kepedulian terhadap Batam yang disejalankan dengan program-program pemerintah Kota Batam. ”Diharap, partisipasi ini memberikan manfaat yang pada akhirnya mensejahterakan masyarakat,” katanya. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here