Pramuka SMPN 4 Ikut Jambore Nasional

0
578
Pengurus dan anggota Pramuka sampai tingkat SMA sederajat saat merayakan HUT Pramuka di Gedung Daerah Tanjungpinang, baru-baru ini. F-suhardi/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Dalam rangka kegiatan Kem Memorabilia dan International Regional Fellowship Jambore 2018 di Johor Malaysia, Walikota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd melepas Kontingen Indonesia di Aula SMP Negeri 4 Tanjungpinang, Rabu (14/11).

Syahrul yang juga Ketua Kwartir Cabang Pramuka Tanjungpinang ini merasa bangga atas terpilihnya gugus depan (Gudep) Pramuka SMP Negeri 4 Tanjungpinang untuk mengikuti kegiatan pramuka berskala international.

”Ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan, terutama bagi orangtua. Nanti adik-adik Pramuka ini selain membawa nama gugus depan SMP Negeri 4, juga akan membawa nama Kwarcab, Kwarda dan Bangsa Indonesia,” ujar Syahrul.

Syahrul berharap saat mengikuti kegiatan Pramuka di Johor Malaysia nanti selalu diberikan kesehatan dan dapat mengikuti semua rangkaian acara dengan baik dan dapat cepat beradaptasi dengan peserta dari daerah lain bahkan dari negara negara tetangga di Asia.

Baca Juga :  UNBK, Teknisi PLN Siaga

”Harapan saya kepada adik-adik Pramuka ini, selain menjaga kesehatan, juga dapat menjaga kekompakan. Semoga setelah kembali ke Tanjungpinang agar bisa membawa prestasi, ilmu dan pengalaman yang baru dan dapat diterapkan minimal di sekolahnya masing-masing serta menyalurkan ilmu dan pengalaman yang didapat kepada teman-teman lainnya,” tutup Syahrul.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Huzaifa Dadang AG, M.Si menyampaikan dalam sambutannya bahwa selain akan dilepasnya kontingen ke Johor, Malaysia juga akan dilaksanakan pelepasan kontingen Saka Widya Budaya Bhakti yang akan mengikuti kegiatan perkemahan antardaerah.

Pesan Dadang, jaga selalu kesehatan, jaga kekompakan dan ciptakan rasa kekeluargaan selama kegiatan berlangsung. Yang paling penting jalin silaturahim bersama kawan-kawan dari berbagai daerah dan berbagai negara yang ikut dalam kegiatan Jambore serta perkemahan.

Baca Juga :  Jangan Tergesa-gesa saat Mengerjakan Soal UN

”Karena ini merupakan kesempatan yang sangat langka yang bisa dapatkan. Oleh sebab itu manfaatkan momen ini dengan sebaik mungkin, tentunya untuk mendapatkan ilmu dan keterampilan dalam kegiatan ini,” tutup Dadang.

Berdasarkan data dari Humas Kwarda Pramuka Provinsi Kepri, Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) baik SMA/SMK yang ada di Kepri baru 90 persen yang sudah membentuk pangkalan gugus depan (Gudep) Pramuka.

Sesuai dengan UU No.12. tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, sebaiknya gudep dibentuk di semua sekolah yang ada karena Pramuka menjadi bagian dari ekstrakurikuler di sekolah-sekolah.

Baca Juga :  Jelang UN, SMP Doa Bersama

Pramuka ini bisa dibentuk mulai dari SD, SMP, SMA, SMK termasuk mahasiswa bisa menjadi anggota Pramuka sesuai kategori keanggotaan yang berjenjang.

Wakil Ketua Kwarda Pramuka Kepri Bidang Pengabdian Masyarakat, TTG dan Kehumasan, Sardison baru-baru ini mengatakan, Pramuka ini sangat diperlukan dibentuk di sekolah-sekolah. Dan siswa juga diharapkan menjadi anggota Pramuka karena fungsinya sangat banyak. Apalagi, Kepramukaan ini merupakan kegiatan yang menarik bagi siswa atau pemuda. Kegiatan yang digelar menyenangkan dan mengandung pendidikan. Kegiatan yang dilakukan sifatnya bukan hanya permainan untuk hiburan saja. (mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here