Prodi Langka, Sepi Peminatnya

0
1386
KAMPUS: Pengendara sepeda motor saat melintas di depan Kampus STIKOM IGA di Jalan Ahmad Yani Kilometer 5 atas Tanjunginang. F-WAHYU GUSTIANTO/TANJUNGPINANGPOS

Tanjungpinang – KAMPUS Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (Stikom) International Gurindam Archipelago (IGA) Tanjungpinang, satu-satunya kampus yang memiliki Program Studi (Prodi) Ilmu Jurnalistik.

Kampus yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Kilometer 5 ini memiliki 2 prodi lainnya, yaitu Prodi Ilmu Komunikasi S1 dan Public Relation jenjang D3.

Hal ini disampaikan Dewi, staf di Bidang Kemahasiswaan kampus Stikom IGA, Jumat (3/3) di ruangannya.

”Untuk Prodi Jurnalistik D3 sangat jarang peminatnya, dan memang itu salah satu Prodi unggulan kami,” ujar Dewi.

Baca Juga :  Teliti Kurikulum, Harus Berguna untuk Orang Lain

Meski terbilang prodi yang langka, namun sangat disayangkan juga Prodi Jurnalistik sangat minim peminatnya di Tanjungpinang.

Menurutnya, promosi jurusan Prodi Jurnalistik tidak mendapatkan tanggapan (Feedback) yang kurang memuaskan, dari para siswa menengah atas atau kejuruan yang sedang mencari bangku kuliah.

”Sebelum-sebelumnya ada juga yang mendaftar tetapi hanya 6 calon mahasiswa saja, dan kami membutuhkan 10 calon mahasiswa,” jelasnya.

Karena sangat kekurangan jumlah mahasiswa, Dewi menambahkan, 6 mahasiswa Prodi Jurnalistik pindah ke kampus yang berada di Jambi, serta Surabaya.

Baca Juga :  Muslim Hamdi Pimpin Himanegara UMRAH

Sejak merencanakan Prodi Jurnalistik, pihak Kampus Stikom IGA Tanjungpinang telah berupaya maksimal untuk membesarkan Prodi Jurnalistik tersebut.

”Prodi Jurnalistik dapat dikatakan vakum karena minimnya jumlah peminat,” ungkapnya.

Dewi juga mengatakan, peluang kerja bagi lulusan Prodi Jurnalistik sangat terbuka dan sangat dibutuhkan dan sama seperti Prodi Ilmu Komunikasi.

”Ya, peluang lulusan ilmu komunikasi atau jurnalistik saya yakin banyak dibutuhkan,” ungkapnya.

Seperti kampus-kampus yang ada di Tanjungpinang saat ini, perkembangan Kampus Stikom IGA tersebut terlihat tidak seperti kampus lainnya.

Baca Juga :  Mahasiswa Anambas Dapat Beasiswa dari Pemkab

Berdasarkan pantauan di lokasi, suasana kampus tersebut terbilang sepi dari aktivitas mahasiswanya.(SHENDY)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here