Puluhan Kaleng Sarden Terdeteksi Ada Parasit

0
534
PIHAK Dinas Kesehatan Pemkab Natuna bersama instansi terkait saat melakukan sidak dan mengamankan puluhan kaleng ikan sarden yang diduga terkontaminasi parasit.F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna Faisal Hasibuan menegaskan, bahwa pihaknya berhasil mengamankan sekitar 49 kaleng dari tiga jenis produk makanan ikan siap saji yang terdeteksi mengandung parasit Anisakis SP.

NATUNA – Ketiga jenis produk yang dinyatakan Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Batam terdeteksi parasit tersebut diantaranya Famerjack dalam kemasan ikan sarden Makarel dalam saus tomat, IO kemasan ikan Makarel dalam saus tomat, dan HOKI kemasan ikan Makarel dalam saus tomat.

”Jadi berdasarkan Surat resmi dari BPOM Batam, perihal penarikan produk ikan dalam kaleng Farmerjack, IO, dan HOKI. Semuanya ditarik dari peredaran di seluruh kepri. Karena sudah terdeteksi adanya parasit,” kata Faisal, Sekretaris Dinas Kesehatan, Kamis (22/3).

Baca Juga :  SMPN 3 Satu Atap Natuna Butuh Lokal Tambahan

Faisal mengatakan, setelah mendapatkan surat dari BPOM itu pihaknya langsung melakukan sidak di sejumlah toko yang berada di kota dan sekitarnya. Dari hasil sidak yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan bersama instansi terkait, berhasil mengamankan sekitar 49 kaleng yang terdeteksi ada parasit tersebut.

”Kita sudah menjalankan langkah preventif untuk mencegah peredaran, dari sejumlah produk yang dinilai terdeteksi terdapat parasit Anisakis SP. Dari hasil 49 kaleng, kita sita untuk segera dimusnahkan,” ungkapnya.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh pemilik toko, untuk tidak memajang dan menjual kembali produk seperti yang disebutkan diatas. Hal ini agar tidak sampai merugikan para konsumen nantinya.

Baca Juga :  Telkomsel Abaikan Nawacita Presiden

”Kita meminta kepada pemilik warung atau toko agar tidak menjual kembali produk ikan dalam kaleng Farmerjack, IO, dan HOKI. Karena bisa berisiko pada konsumen,” jelasnya.(HADIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here