Pusat Belum Putuskan Pengelola OSS

0
337
AMSAKAR AHCMAD

BATAM – Pemerintah Kota Batam bersiap melaksanakan Online Single Submission (OSS), sesuai perintah Presiden RI, Joko Widodo. Namun untuk pelaksanaannya, akan dibentuk lembaga pelaksana dan lembaga pengawas. Sementara untuk pelaksana, masih ada alternatif, yaitu masih ada peluang dijalankan petugas dari pusat.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Senin (2/7) yang sebelumnya mengikuti rapat dengan pemerintah pusat, mengungkapkan alternatif yang jadi pelaksana OSS. Dijelaskan pelaksanaan OSS ini membutuhkan lembaga pelaksana dan lembaga pengawas. Di daerah, pengawasan dilakukan oleh Sekretaris Daerah. Namun untuk pelaksanaannya belum dipastikan dari pusat. ”Petugasnya bisa dari pusat, Pemko, BP atau kombinasi,” kata Amsakar.

Hal ini disampaikan Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad dalam arahan apel gabungan pegawai Pemko Batam di Dataran Engku Putri Batam Centre, Senin (2/7). ”Tim Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu sudah berangkat dan diharap sudah memahami,” kata Amsakar.

Menurutnya pekan lalu Wali Kota, Wakil Wali Kota Batam, bersama Sekda Kota Batam menghadiri rapat bersama presiden di Jakarta. Dalam rapat tersebut presiden menyampaikan agar pelayanan perizinan harus dipercepat dengan sistem OSS. Acuan melaksanakannya, pemerintah sudah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) pada Juni lalu. ”Ada tiga poin yang disampaikan presiden terkait OSS ini. Pertama, dari mana saja orang bisa mengurus izin di Batam. Bisa dilakukan dari Bali, Palembang, Jakarta, dari mana saja,” ujarnya.

Selanjutnya, pengurusan izin melalui OSS ini termonitor hingga Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Jika dalam jangka waktu tertentu tidak ada respon, dianggap berjalan baik.

Sebelumnya, Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) BP Batam, Ady Soegiharto mengungkapkan, Kemenko Perekonomian yang melakukan koordinasi dengan BKPM untuk menyelenggarakan sistem OSS. BP Batam sudah melakukan berbagai persiapan dalam menyukseskan pelaksanaan OSS. Persiapan dengan Bimtek itu dilakukan setelah Batam dijadikan pilot project penerapan OSS. Kepala BP Batam, Lukita mengatakan, penerapan OSS, investor hanya perlu mendaftar sekali, yang selanjutkan dilakukan secara elektronik.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here