Puskesmas Pancur Mulai Difungsikan

0
2531
GEDUNG baru Puskesmas Tanjungpinang (kanan) sudah difungsikan. Telah diresmikan Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah, Sabtu (6/1).F-istimewa

TANJUNGPINANG – Gedung baru Puskesmas Tanjungpinang atau warga menyebutnya Puskesmas Pancur, berlantai dua diresmikan Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah, Sabtu (6/1)

Gedung baru ini dimanfaatkan untuk fasilitas pelayanan kesehatan ibu dan anak. Mencakup pelayanan keluarga berencana, pelayanan pemeriksaan kehamilan, penanganan persalinan dan pascapersalinan 24 jam.

Kemudian, untuk skrining kanker serviks dan kanker payudara, deteksi dan stimulasi tumbuh kembang anak serta konsultasi gizi, manajemen terpadu kesehatan balita dan imunisasi.

Bangunan baru dilengkapi fasilitas parkir di lanti basement yang mampu menampung 15 kendaraan roda empat dan 50 kendaraan roda dua, .

Bangunan C ini tersedia ruang rapat yang mampu menampung 30 peserta, ruang observasi dan ruang rawat bagi 8 pasien, inkubator bayi, dapur dan laundry. Serta ruang tunggu yang nyaman baik di lantai satu maupun lantai dua.

Baca Juga :  PLN Bagikan Sembako dan Uang ke Warga TPA

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang Rustam, mengatakan semua ruang pelayanan dan ruang tunggu dilengkapi fasilitas pendingin ruangan.

Dengan bangunan baru ini makin melengkapi fasilitas yang sebelumnya sudah ada di Puskesmas Tanjungpinang yaitu gedung A dan gedung B semuanya terdiri atas dua lantai.

Fasilitas pelayanan yang telah tersedia di gedung A meliputi ruang gawat darurat, ruang pendaftaran dan penerimaan pasien, poliklinik umum I, II dan III, ruang rapat manajemen, ruang pimpinan, kasubag tata usaha, ruang staf administrasi dan keuangan, ruang pengelola program.

Baca Juga :  Pemko Jajaki Kerjasama Daerah Penghasil Sembako

Sedangkan di gedung B, fasilitas pelayanan yang tersedia meliputi ruang laboratorium, ruang pelayanan gigi, klinik IMS dan HIV/AIDS, klinik TB, klinik sanitasi, klinik berhenti merokok, klinik kesehatan reproduksi remaja, klinik lanjut usia, apotik, instalasi farmasi, gudang, ruang pertemuan lintas sektor dan masyrakat serta musalah dan ruang wudhu.

”Dengan berbagai fasilitas tersebut, dapat dikatakan puskesmas Tanjungpinang saat ini adalah puskesmas terbesar dan dengan fasilitas terlengkap di Kota Tanjungpinang bahkan Provinsi Kepri,” tegasnya.

Kata Rustam, penyediaan berbagai fasilitas ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang terus berkembang.

Jumlah penduduk di wilayah kerja Puskesmas ini mencapai sekitar 60 ribu orang dan peserta BPJS Kesehatan yang terdaftar di fktp ini sebanyak 26 ribu orang.

Baca Juga :  Prajurit Lanud RHF Ikuti Sosialisasi Sensus Penduduk Online

Sambung Rustam, pembangunan Puskesmas ini juga dimaksudkan sebagai salah satu implementasi visi dan misi walikota 2013-2018 yaitu menyediakan akses yang semakin luas bagi masyarakat terhadap fasilitas kesehatan yang berkualitas.

”Alhamdulillah jumlah Puskesmas di Tanjungpinang sudah mencapai 7 puskesmas dan ada tiga rumah sakit umum,” tegasnya. Kata Rustam, sumber dana pembangunya gedung C dari APBN tahun 2017 lalu. (bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here