Pustu di Kepulauan Posek Memprihatinkan

0
1164
Pustu: Kondisi Pustu di Pulau Panjang, Desa Busung Panjan sudah rusak. f-tengku/tanjungpinang pos

LINGGA- Miris, itulah yang terucap dari perkataan anggita DPRD Lingga, Abdul Gani Atan Leman ketika melihat kondisi bangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Busung Panjang yang rusak parah.

Kondisi serupa juga terjadi di beberapa tempat pelayanan kesehatan lain di Desa Sual Buaya, Kecamatan Kepulauan Posek. Terlihat dari luar bangunannya kokoh. Namun, di dalamnya plafon dan atap bangunan telah hancur.

Rusaknya atap dan plafon bangunan membuat tenaga kesehatan yang ditugaskan di daerah memilih untuk melakukan pelayanan di rumah masyarakat yang juga menjadi tempat tinggal.

”Kondisi ini harus mendapat perhatian dari pemerintah daerah. Ini mesti ajdi perioritas. Ini temuan dari reses, nanti,” kata Abdul Gani, kemarin.

Kata Gani, tidak hanya mengusulkan rehap bangunan pelayanan kesehatan di pesisir saja, ia juga akan memberikan masukan ke Dinkes Lingga, agar menempatkan tenaga pendamping kesehatan di pulau-pulau pesisir.

”Beberapa masukan dari tenaga kesehatan yang bertugas di pulau memilih tinggal di rumah maayarakat karena tidak memiliki teman untuk tinggal di Pustu,” sebutnya.

Kosongnya bangunan Pustu, menurut Gani, menjadi penyebab pusat kesehatan tersebut cepat rusak karena tidak asa yang merawat. (tir)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here