Qoriah Kepri Sabet Juara II Dunia

0
1319
Mahadi Rahman

Quran Center Batam Ukir Prestasi di MTQ Internasional 2017 

Qori-qoriah asal Kepri yang dibina di Quran Center Sekupang Batam menunjukkan prestasi di negara-negara islam di Timur Tengah.

DOMPAK – SAAT mengikuti perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional April lalu, tiga qori-qoriah Kepri berhasil menyabet Juara II dunia, Juara III dan Juara IV (Harapan 1).

Ada lima qori-qoriah Kepri yang dikirim ke berbagai negara di Timur Tengah untuk mengikuti MTQ Internasional dan mereka merupakan wakil Indonesia.

Dari lima yang dikirim mewakili Indonesia untuk berbagai golongan perlombaan, baru empat berlaga. Satu masih ditunda keberangkatannya dan satu lagi belum diketahui hasilnya.

Ada pun tiga peserta yang sudah diketahui hasilnya adalah Zulaiha yang bertanding di cabang Tilawah Anak-Anak Putri di Teheran, Iran. Zulaiha dapat Juara II yang diikuti sekitar 30 negara.

”Luar biasa prestasi mereka. Anak-anak ini kita bina di Quran Center. Mereka asli binaan Quran Center Kepri. Anak pulau bisa juara dunia. Luar biasa kemampuan anak-anak Kepri ini,” ujar Mahadi Rahman, Direktur Quran Center Batam-Kepri kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (3/5).

Baca Juga :  Bangun Sumatera, Kucurkan Rp 100 T APBN

Qori lainnya yang bertanding adalah Anik Pangestu di Teheran. Dua Juara Harapan I (Juara IV). Pangestu merupakan salah satu andalan Indonesia di MTQ Internasional. Namun, karena perubahan pita suaranya, Pangestu akhirnya bisa juga masuk empat besar.

”Kalau bukan karena perubahan suaranya, saya sangat optimis dia juara satu,” tambah Mahadi.

Irfan Fadilah sendiri Juara III di Tunisia dan bertanding dengan peserta lain dari 26 negara di Timur Tengah. Dari Asia sendiri hanya Irfan yang mengikutinya. Sedangkan M Yunus masih ditunda keberangkatannya.

”Kalau Awaluddin ke Kuwait untuk mengikuti lomba MTQ Internasional tingkat dewasa. Tapi hasilnya belum tahu kita,” ungkapnya.

Dijelaskan Mahadi, tahun 2020 nanti, Kepri ditargetkan akan merajai cabang Tilawah dan Tahfidz (hapal) Alquran. Selama ini, Kepri ditakuti karena kemampuannya di bidang Tilawah.

Sedangkan prestasi Kepri di bidang Tahfidz Alquran adalah 1 juz, 5 juz dan 10 juz. Sedangkan 10 juz hingga 30 juz masih dipegang provinsi lain.
Untuk menciptakan qori-qoriah yang berprestasi di bidang Tahfidz, maka pihaknya memisahkan pembelajaran Tilawah dengan Tahfidz dari Quran Center. Khusus Tilawah masih tetap dipusatkan di Quran Center Sekupang Batam.

Baca Juga :  Validasi Data 439 Ribu Honorer K2

”Sedangkan Cabang Tahfidz Alquran kita pindahkan ke Dusun Nyiur Karimun. Nanti santri kita yang di Batam akan dipindahkan ke Dusun Nyiur,” tambahnya.

Rencananya, peresmian Gedung Tahfidz Alquran Dusun Nyiur akan dilakukan Menpan RB, Asman Abnur tanggal 11 Mei mendatang.

”Rencana sebelumnya adalah tanggal 3 Mei. Namun, Pak Menteri menghubungi saya dan meminta agar peresmian itu dilakukan saat hari libur saja. Pas tanggal 11 Mei libur, makanya kita buat tanggal segitu,” ungkapnya.

Banyaknya prestasi yang diukir santri Quran Center dikarenakan mereka fokus mengajar dan memberi perhatian penuh. Yang tak kalah pentingnya lagi, kata dia, dukungan Gubernur Kepri H Nurdin Basirun dan Pemprov Kepri cukup besar untuk Quran Center.

Baca Juga :  Kepri Tak Kebagian Bantuan RTLH

Saat peresmian nanti, pihaknya akan mengundang bupati dan wali kota se-Kepri. Sehingga, mereka bisa mengirimkan anak-anak dari daerahnya untuk belajar di sana.

”Kita bukan memaksa. Terserah mau mengirim belajar kemana. Tapi kita berharap, dari daerah ada anak-anak yang belajar di sana nanti. Gedungnya sudah siap dan kita buat juga asramanya,” katanya yang saat itu didampingi Ketua Pelaksana Tahfidz Alquran Desa Nyiur, Muhammad.

Mahadi Rahman berharap, ke depan semua kabupaten/kota di Kepri sudah memiliki santri yang punya kemampuan menghafal Alquran 10 juz, 20 juz hingga 30 juz. Selama ini, saat perhelatan STQ maupun MTQ, utusan daerah sering kosong untuk cabang Tahfidz Alquran karena santrinya tidak ada.

”Makanya kita akan maksimalkan pembelajaran hafal Quran ini,” tambahnya.(MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here