Raih Juara hingga Tingkat Nasional

0
1048
LATIHAN pramuka: Siswa Pramuka SMPN 1 Tanjungpinang saat latihan memasang tiang tenda.f-yoan/tanjungpinang pos

16 Anggota Kopasus SMPN 1 

Tanjungpinang – Meski baru setingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Tanjungpinang sudah memiliki Komando Pasukan Khusus (Kopasus) Pramuka yang ahli dan solid.

Mereka yang tergabung merupakan pilihan dengan memiliki kelebihan berbeda antara yang satu dan lainnya.

Hal tersebut disampaikan pelatih Pramuka SMPN1 Tanjungpinang, Indra Gunawan SPd kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (5/3) di aula SMPN1 Tanjungpinang.

Untuk menjadi anggota Kopasus tidak mudah. Tidak semua siswa yang memilih ekstrakurikuler Pramuka gudep 01-007.01-008 dapat langsung bergabung.

Baca Juga :  233 Ikut Latihan Bela Negara

Di SMPN 1 Tanjungpinang siswa diwajibkan tergabung dalam kelompok Pramuka, namun ia memastikan untuk menjadi anggota Kopasus melakukan beberapa tahapan seleksi.

Seleksi dilakukan oleh tim yang dibentuk pihak sekolah oleh pembina. Di antaranya ada Darwis, Putra, Ernita, Kumala Dewi, dan Indra Gunawan.

”Jadi anggota Kopasus sudah pasti yang memiliki keunggulan,” paparnya.

Hanya sekitar 16 anggota Kopasus dari jumlah 262 orang anggota Pramuka. Dari 16 siswa tersebut terbagi menjadi 2 kelompok yaitu grup putra dan putri dengan masing-masing 8 anggota.

Baca Juga :  Siswa SMPN 9 Ziarah ke Makam Pahlawan

”Satu kelompok ada delapan orang dan setiap orang harus ahli dalam 1 bidang yang berbeda,” tuturnya.

Misalnya, ada yang bisa dalam bidang tali-temali, simpul dan ikatan, memiliki keahlian dalam memberikan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), semapur, morse, sandi, hasta karya, pionering hingga penguasaan tanda jejak tanah medan.

Bahkan, di bawah binaanya, Kopasus Pramuka SMPN 1 Tanjungpinang sering menjuarai berbagai perlombaan. Mulai dari tingkat kota maupun nasional.

”Kemaren siswa ikut lomba tingkat 2 yang diselenggarakan 5 tahun sekali, alhamdulillah menang, terus ada juga kejuaraan perkemahan kompetisi penggalang (Persilang), tim Kopasus inilah yang memperebutkan berbagai medali,” ungkap pelatih yang juga tergabungbidang Palang Merah Remaja (PMR) ini.

Baca Juga :  Pengetahuan Umum Lokal Perlu Diajarkan ke Anak

Bahkan yang membuat pihaknya bangga, siswa 16 orang yang tergabung dalam Kopasus tidak hanya memiliki kemampuan Pramuka melainkan juga unggul di akademis.(yoan s nugraha)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here