Rawan Kebakaran, Damkar Siapkan Hidran

0
889
HIDRAN: Pihak Damkar memasang Hidran di pemukiman rawan kebakaran di Kota Tarempa, Kecamatan Siantan.F-INDRA GUNAWAN/tanjungpinang pos

ANAMBAS – Warga yang tinggal kawasan pesisir pantai, merasa khawatir jika terjadi kebakaran. Hal itu dirasakan karena kondisi pemukiman yang padat dan akses jalan yang sempit menjadi kendala bagi petugas pemadam kebakaran. Selain itu, rata-rata rumah masyarakat terbuat dari bahan kayu yang mudah terbakar. Sejumlah kecamatan yang ada, Kecamatan Siantan yang kerap mengalami bencana kebakaran. Sejak Anambas terbentuk menjadi kabupaten, sudah mengalami 4 kali kebakaran hebat dipemukiman warga.

”Bencana kebakaran dahsyat yang pernah terjadi, hingga menelan korban jiwa, terjadi di jalan Tanjung Lambai, Desa Sri Tanjung Kecamatan Siantan,” ujar Rahmat, tokoh masyarakat Tarempa, Rabu (12/7). Menurutnya, dengan kondisi pemukiman yang padat perlu menjadi perhatian pemerintah daerah untuk menangulangi kebakaran.

Baca Juga :  47 Desa Belum Buat Laporan Keuangan

”Masyarakat cemas dengan kebakaran, dan pemda perlu memberikan solusi dan tindakan yang nyata dalam membenahi area pemukiman,” jelas Rahmat. Kepala Bagian (Kabag) Pemadam Kebakaran (Damkar) Agus Supratman menjelaskan, pasca kejadian kebakaran di Jalan Patimura beberapa waktu yang lalu.

Bupati Anambas langsung perintahkan, agar menyediakan dan memperbaiki sejumlah peralatan pemadam kebakaran di lokasi tersebut. ”Kini alat damkar seperti hidran sudah terpasang. Karena di jalan itu sangat rawan terjadi kebakaran. Untuk itu, pihaknya memasang 4 hidran yang kini bisa dioperasikan,” terangnya. (cr29)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here