RBB Kumpulkan Batak se-Tanjungpinang untuk Sosial

0
1078
FOTO BERSAMA: H Nurdin Basirun berfoto bersama dengan pengurus RBB Tanjungpinang. F-ist

Nurdin Kukuhkan Ketua dan Pengurus  

TANJUNGPINANG – Paguyuban Rumpun Batak Bersatu (RBB) Kota Tanjungpinang memiliki visi yaitu sosial dan mempererat tali silahturahmi antara sesama Batak di Tanjungpinang dan sekitarnya.

Hal ini dikatakan Sanggam Simamora usai dikukuhkan menjadi ketua RBB Tanjungpinang periode 2016-2021 mendatang beserta pengurus lainnya yang sudah disusun.

Pelantikan pengurus RBB Kota Tanjungpinang sendiri dilakukan Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun, Minggu (5/3) di Gedung Serba Guna PSMTI Rawa Sari, Tanjungpinang.

Saat pelantikan disaksikan Wali Kota Tanjungpinang,H Lis Darmansyah, Wakil Ketua I DPRD Tanjungpinang, Ade Angga dan anggota DPRD lainnya seperti Reni, Mimi Betty Wilingsih, Fengky Fensito.

Sedangkan Wakil Ketua II DPRD Tanjungpinang, Ahmad Dani Pasaribu ditetapkan sebagai ketua harian II RBB Tanjungpinang. Borman Sirait, Petrus Sitohang, Leo M Siahaan dan Hot Asi Silitonga serta Robert Pasaribu sebagai penasehat.

Dituturkan Sanggam, RBB terdiri dari semua etnis Batak yang ada di Tanjungpinang, Kijang sampai Tanjunguban.

Baca Juga :  Lis Tetap Ingin Bangun Masjid Terapung

Seluruh puak (suku) yang mencakupi Karo, Pakpak, Toba, Simalungun dan Angkola bergabung dalam peguyuban ini.

”Jumlah anggotanya mencapai 18-20 ribu jiwa. Peguyuban ini cukup kuat dan tentu diperhitungkan. Tapi yang hadir dalam acara pengukuhan pengurus hampir 2.500,” ungkap Kepala KSOP Kijang ini.

Namun demikian, paguyuban tersebut lebih diarahkan untuk kegiatan-kegiatan sosial. Dengan mewujudkan program-program yang menyentuh kebutuhan warga Batak di Tanjungpinang dan masyarakat sekitarnya.

Acara turut dimeriahkan artis ibu kota yaitu Trio Centuri beserta rombongan, dan juga penyanyi lokal Tanjungpunang serta beberapa tarian Batak toba, Batak Karo, Simalungun, Pak-pak dan lainnya.

Ia menambahkan RBB Tanjungpinang sudah ada sejak tahun 1980 an, dan usianya saat ini sudah ada sekitar 30 tahunan.

”Kita berharap kedepan muda-mudahan RBB Tanjungpinang ini dapat memajukan provinsi Kepri khususnya Kota Tanjungpinang. Kami siap membantu pemerintah Provinsi Kepri khususnya Kota Tanjungpinang,” ujar Sanggam dalam sambutannya.

Baca Juga :  Ayo, Ikut Periksa Kesehatan Gratis!

Ia mengajak seluruh RBB Tanjungpinang mari bergandeng tangan untuk menjaga nama baik RBB Tanjungpinang dan menjaga nama baik Kepri pada umumnya, khususnya Kota Tanjungpinang.

Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun mengatakan bahwa dirinya merasa terasa terharu dengan RBB karena bisa menyatukan lima pilar kebangsaan sekaligus.

”Saya bangga sekali dengan RBB Tanjungpinang ini yang tidak membedakan Agama Muslim dan Kristen karena hari ini saya lihat bergabung semua hadir bersama. Saya sangat rindu momen seperti ini, karena sering juga kami lakukan di Karimun dulu. Kini rindu saya sudah terobati dan terjawa ,” ucap Nurdin.

”Kepada pengurus-pengurus Payuguban, boleh lah saya berkata jujur, kalaulah katanya ada pengurus PSMTI misalnya, Alhambulillah dari dulu hingga sekarang dan sampai akhir hayat nanti untuk Provinsi Kepri saya tetap menjadi dewan kehormatan,” tambahnya lagi.

Pihaknya yakin dan percaya RBB Tanjungpinang akan bersatu dengan masyarakat lain yang ada di Kepri khususnya Kota Tanjungpinang dan juga pemerintah.

Baca Juga :  Tujuh Bulan, 2.723 Warga Meninggal

“Kita mempunyai pekerjaan dan tugas bersama-sama yaitu ingin memperbaiki kedepan kehidupan masyarakat dalam segala aspek harus lebih baik lagi kedepan,” katannya.

“Bapak jangan harapkan pak Nurdin dan pak Lis bisa berbuat sesuatu yang besar kalau tanpa kebersamaan seperti ini,” tegasnya.

Oleh karena itu, mari bersama bergandeng tangan untuk membangun Provinsi Kepri khususnya kota Tanjungpinang ini.

Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah mengatakan banyak sudah banyak liku-liku bagaimana organisasi ini terbentuk dari awal mulai dari Ikatan Batak Bersatu (IBB) sampai ke RBB sekarang.

“Kami memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pendahulu-pendahulu yang telah membentuk mulai dari IBB sampai dengan RBB Tanjungpinang yang saat ini,” ujar Lis. (dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here