Realisasi Fisik Dinas PU Kepri Capai 95 Persen

0
929
DIPERMAK: Sejumlah jalan dan trotoar di Pulau Dompak dipermak Dinas Pekerjaan Umum Pemprov Kepri, tahun ini.F-suhardi/tanjungpinang pos

DOMPAK – Hingga pertengahan Desember lalu, realisasi pembangunan proyek fisik yang ditangani Dinas Pekerjaan Umum Pemprov Kepri sekitar 90 persen.

Sampai kemarin, diperkirakan realisasi fisik mencapai 94-95 persen. Sisanya akan dikerjakan awal tahun. Perpanjangan waktu ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemprov Kepri, Abu Bakar mengatakan, sebagian proyek yang dikerjakan kontraktor sudah rampung 100 persen seperti pengaspalan Jembatan 1 Dompak dan pemasangan menara di pintu masuk Jembatan 1 Dompak.

Kemudian, pemasangan gapura di bundaran Dompak juga sudah rampung 100 persen. Sedangkan pekerjaan lainnya masih ada yang terus dikerjakan siang malam, seperti pengaspalan jalan dan pemasangan trotoar menuju Kantor Gubernur Kepri dan DPRD Kepri.

Baca Juga :  Penggunaan Gadget Pada Anak Harus Dikontrol

”Pengaspalan jalan dan pemasangan trotoar di Dompak termasuk cepat kinerja mereka. Sebab, proyek itu dianggarkan di APBD Perubahan. Sampai akhir tahun mungkin siap itu nanti,” ujar Abu Bakar kepada wartawan, Kamis (28/12).

Proyek fisik yang terlambat pengerjaannya nanti adalah di daerah seperti di Natuna. Kontraktornya menghadapi kejadian alam yakni ombak besar beberapa waktu lalu. Sehingga kapal yang mengangkut alat berat ke Natuna terhambat.

”Itulah persoalan kita membangun di Kepri ini. Kondisi geografis lautan sangat luas, ombak besar datang, susah bawa alat berat dan material bangunan ke sana,” tambahnya.

Baca Juga :  Akhir Tahun Proyek Jalan Dompak Selesai

Tahun ini, kata Abu Bakar, Dinas PU Pemprov Kepri mengerjakan puluhan kegiatan fisik di seluruh Kepri. Namun hanya sebagian saja yang mengalami kendala.

Pembangunan yang dilakukan diberbagai daerah di Kepri seperti jembatan, jalan, drainase, normalisasi sungai dan lainnya. Tahun depan, kata dia, pihaknya juga masih banyak membangun kegiatan fisik dan terbesar di Tanjungpinang yakni, Gurindam 12. Gubernur Kepri H Nurdin Basirun sudah mengingatkan semua OPD agar kerja cepat.

”Makanya, sebagian kegiatan kita tahun depan sudah dilelang Desember ini. Akhir Januari 2018 atau awal Februari, pembangunan sudah harus dimulai,” tambahnya.

Baca Juga :  Warga Lokal Harus Dilibatkan

Atas perintah tersebut, dirinya dengan cepat-cepat koordinasi dengan pengelola LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) Pemprov Kepri agar mempercepat proses lelang itu.

Harapannya, semakin cepat dikerjakan, maka kualitas proyek yang dikerjakan semakin bagus. Tujuannya agar masyarakat puas menerima hasil kerja pemerintah. (mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here