Realisasi Pendapatan APBD 2017 Sudah 75 Persen

0
793
Aswandi

ANAMBAS – REALISASI pendapatan hingga 10 Oktober pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) murni Kabupaten Anambas untuk tahun anggaran 2017 telah mencapai 75,65 persen atau sekitar Rp 577,8 miliar.

Azwandi Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) KKK mengatakan, angka tersebut akan terus meningkat dan prediksi 100 persen pendapatan dapat terealisasi sesuai dengan target.

”Saat ini kita terus mengejar dan mendorong agar realisasi pendapatan dapat terealisasi sesuai dengan target 100 persen,” demikian disampaikan Azwandi, Minggu (22/10).

Mantan Kepala Bagian Pembangunan Seketariat Daerah tersebut menguraikan, bahwa saat ini pihaknya sedang mengejar PPJ non PLN yang diperkirakan kurang bayarnya sekitar Rp 900 juta lebih.

Bahkan, dana lain seperti Dana Bagi Hasil (DBH) Minyak dan Gas (Migas) juga mengalami kenaikan dari Rp 53 miliar menjadi Rp 58 miliar. ”Kenaikan tersebut dari PMK-nya dan ini merupakan suatu hal yang baik bagi pendapatan APBD Anambas,” terangnya.

Masih belum disahkannya Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) murni 2018, lanjut Azwadi, tak pelak penyusunan pendapatan APBD murni 2018 menggunakan asumsi tahun sebelumnya yakni APBD tahun 2017.

Kendati demikian, tambah Azwandi, pihaknya optimis akan terjadi peningkatan APBD Anambas pada tahun 2018 mendatang. ”Kita optimis meningkat. Mengingat, ada beberapa pendapatan yang akan masuk melalui sumber lainnya,” paparnya.

Untuk saat ini, asumsi pendapatan tahun 2018 tambah Azwandi sebesar Rp 674 miliar sambil menunggu APBN disahkan. Namun, Azwandi memastikan akan meningkat.

Untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada 2018 secara keseluruhan akan turun, hal ini disebabkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang sebelumnya pada tahun 2017 masuk ke Komponen PAD.

Namun, dengan adanya Permen baru pada tahun 2018 dana BOS masuk pada komponen pendapatan lain-lain yang sah. ”Hal ini menjadi penyebab PAD keseluruhan, menjadi turun namun pajak meningkat,” imbuhnya.(INDRA GUNAWAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here