Remaja Posyandu Fresh Juara Harapan II Jambore Forum Anak

0
611
KEMISTIA Eva bersama siswa Kader Remaja Posyandu Fresh saat mengikuti Jambore Forum Anak Kota Tanjungpinang di Lapangan Pamedan, 18 November lalu.F-istimewa

TANJUNGPINANG – Kader Remaja Posyandu Fresh Perumahan Bukit Raya RW 11 Kelurahan Pinang Kencana, Tanjungpinang Timur berhasil menjadi Juara Harapan II pada perhelatan Jambore Forum Anak Kota Tanjungpinang Tahun 2018 dengan tema ‘Sehari Tanpa Gadget’.

Kegiatan tersebut digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tanjungpinang pada 18 November lalu di Lapangan Pamedan Jalan Ahmad Yani.

Pembina Remaja Posyandu Fresh Perumahan Bukit Raya, Kemistia Eva SST mengatakan, mereka mengikuti jambore tersebut mewakil Kelurahan Pinang Kencana, Kecamatan Tanjungpinang Timur.

”Anak-anak kita Juara Harapan II. Meski tidak dapat uang pembinaan, namun mereka tetap semangat. Semangat ini sangat penting untuk mereka,” ujar Eva, panggilan akrab Kemistia Eva kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.

Awalnya, mereka mengirim 15 orang anak-anak baik itu siswa SD, SMP dan SMA untuk mengikuti perhelatan tersebut. Namun, pihak panitia membatasi hanya 10 orang saja perwakilan masing-masing kelurahan.

Baca Juga :  Sekolah Swasta Diharapkan Bentuk Wadah Persatuan

Pada jambore kali ini, panitia menyiapkan berbagai lomba. Siapa yang paling banyak dapat medali, mereka yang juara umum.

Adapun lomba-lomba yang digelar dan diikuti masing-masing tim kelurahan yakni devile pakaian alam, lomba lari, lomba balap ban, mencari jejak harta karun, lomba mendongeng, lomba menyusun kata bijak, menyanyi dan menari Three End (Lagu tema Perlindungan Anak).

Dijelaskannya, untuk lomba devila pakaian alam, anak-anak dan kader dewasa posyandu tersebut sangat antusias membantu. Meski tidak diberi apa-apa, namun kader posyandu dewasa dan remaja ramai-ramai mencari daun-daun pepohonan untuk dijadikan baju.

Memang, panitia memberikan pakaian seragam untuk seluruh peserta. Daun-daun itu kemudian dibentuk model baju yang menempel di seragam tersebut.

Baca Juga :  Tanjungpinang Persiapan Full Day School

”Para ibu-ibu kader posyandu remaja sangat antusias membantu. Mereka kumpulkan daun-daun, dibersihkan lalu dibuat polanya. Kemudian dijahit ke pakaian anak-anak. Saya sangat berterimakasih untuk mereka,” ungkapnya lagi.

Yang mengerjakan pakaian daun ala alam itu semuanya kader posyandu. Sedangkan untuk transportasi, snack dan makanan peserta dibantu Lurah Pinang Kencana Syamsul dan Eva.

Meski transportasi yang bisa disediakan hanya pikap, namun anak-anak tersebut tidak patah hati. Mereka bahagia bisa bersama diantar jemput naik pikap.

Sekedar informasi, Eva merupakan sosok utama yang membentuk Kader Remaja Posyandu Fresh di Perumahan Bukit Raya RW 11 Kelurahan Pinang Kencana, Tanjungpinang Timur tersebut.

Kini, sudah banyak yang datang ke sana untuk belajar bagaimana caranya menghidupkan posyandu remaja hingga anak-anak di perumahan tersebut aktif. Banyak hal positif yang diperoleh anak-anak ini, sehingga patut dicontoh dan ingin dikembangkan di daerah lainnya di Kepri.

Baca Juga :  Kekurangan Guru di Kepri Sudah Darurat

Hal ini juga yang mengantarkan Eva menjadi tenaga kesehatan teladan nasional bidang kebidanan. Kini, wanita yang juga bekerja di bidang program PKPR (Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja) di Puskesmas Batu 10 Tanjungpinang.

Adapun dasar pelaksanaan kegiatan tersebut adalah Undang-Undang No.4 tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak, Undang-Undang No.35 tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Keputusan Presiden No.36 tahun 1990 tentang Pengesahan Konfensi Hak Anak dan SK Kepala Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan masyarakat Kota Tanjungpinang No.57 tahun 2018 tentang Kegiatan Jambore Forum Anak Kota Tanjungpinang. (mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here