Rudi Minta Pemisahan Wilayah

0
866
Rudi

Pemko-BP Memanas Lagi

Batam – Wali Kota Batam, HM Rudi meminta agar wilayah kerja Pemko dan Badan pengusahaan (BP) Batam dipisahkan. Dinilai penting, ada pemisahan agar tidak bertabrakan dalam menjalankan kewenangan satu sama lain.

Selain itu, perlu perubahan aturan yang mengatur Pemko Batam dan BP Batam. Hal itu diungkapkan Wali Kota Batam, HM Rudi, Jumat (31/3) di Batam.

”Kemarin sudah kita laporkan ke pak Presiden. Minta agar wilayah kerja tidak tabrak UU. Pak Hatanto (Kepala BP) ada juga,” kata Rudi.

Baca Juga :  Napi ‘Setir’ Peredaran Narkoba

Terkait dengan rencana pemerintah pusat menjadikan Rempang Galang sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK), Rudi menyambut baik. Dengan KEK, status Relang akan jelas.

”Kalau diubah jadi KEK, kan jelas wilayahnya,” kata Rudi.

Terkait dengan Relang jadi KEK, Direktur Humas dan Promosi BP Batam, Purnomo Andi Antono mengaku tidak tahu. Menurutnya, harus menunggu ketentuan hukumnya dulu.

”Kalau sesuai UU, itu masuk FTZ kan,” kata Andi singkat.

Seperti diberitakan Tanjungpinang Pos sebelumnya, peruntukan lahan di Barelang sudah diatur dalam Perpres 87 Tahun 2011, yang menyebutkan, sebagian Pulau Rempang dan sebagian Pulau Galang masuk dalam Zona L2 dan Zona L3.

Baca Juga :  Singapura Janji Bantu Wisman ke Batam

Zona L2, merupakan kawasan perlindungan setempat, yang ditetapkan dengan tujuan melindungi pantai, sungai, waduk, dan RTH kota dari kegiatan budi daya yang dapat mengganggu kelestarian fungsinya.

Zona L2 di Kawasan BBK merupakan sempadan pantai, sempadan sungai, kawasan sekitar waduk, RTH kota.

Adapun Zona L2 di Kawasan BBK yakni sepanjang pantai Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Setokok, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang, Pulau Galang Baru, gugusan Pulau Janda Berias serta gugusan pulau-pulau kecil di Kota Batam. Zona L3 di Kawasan BBK di bidang kehutanan masih ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam (TWA). Perubahan peruntukan dan fungsi kawasan hutan.(Batam)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here