Rumah Vertikal Dapat Insentif

0
302
Rusun Mukakuning, kini menjadi tempat tinggal favorit bagi pekerja. Selain sewanya murah, sarananya juga lengkap. f-istimewa

BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam, mendorong agar pengembang atau developer, lebih membangun rumah vertikal. Pengembangan rumah vertikal diharap dapat mengatasi keterbatasan lahan di Batam. Sementara dalam pembangunan, Pemko Batam meminta pengembang, memperhatikan drainase. Bahkan dijanjikan, pengusaha yang membangun pemukiman vertikal, akan mendapat insentif.

Permintaan itu disampaikan Kepala BP Batam, Lukita DT dan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Selasa (10/4) di Rakerda REI Khusus Batam. Lukita minta dukungan pengusaha, agar rencana pembangunan rumah vertikal, terwujud. Sebagai dukungan, BP akan memberikan insentif bagi pengembang yang membangun rumah vertikal.

”Kita meminta dukungan kepada pengusaha. Kita akan berikan insentif kepada pengusaha yang membangun rumah vertikal,” kata Lukita.

Disebutkan, alasan insentif itu diberikan, karena pembangunan pemukiman vertikal, menyangkut masa depan Batam. karena ini menyangkut masa depan Batam. Karena itu, pihaknya kembali meminta pengusahan properti untuk membangun pemukiman secara vertikal. ”Penting, bagaimana membatasi area yang ada menjadi pemukimana. Kami komit akan membantu itu,” kata Lukita.

Diingatkan Lukita, pihaknya tidak akan mengalokasikan lahan lagi ke pemukiman. Sementara untuk rencana pembangunan rumah vertikal, pihaknya akan membantu. Dengan demikian, walau lahan terbatas, namun kebutuhan masyarakat teratasi dan ekonomi terus tumbuh. ”Walau lahan terbatas, ekonomi terus tumbuh,” ujar Lukita.

Pada kesempatan itu, Lukita mengungkapkan upaya mereka membangunkan lahan tidur yang ada di 2.737 titik lokasi dengan luas 7.777 hektar. Dia meminta komitmen para pengusahan properti dan lainya mulai membangun alokasi lahan tidur. Pihaknya juga diakui, ingin diskusi dengan penerima lokasi lahan di Batam. ”Kita ingin diskusi, bagaimana menyelesaikan masalah yang terjadi. Kalau tidak sanggup, ini ada investor yang ingin berinvestasi,” harapnya.

Sementara Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mendorong agar pengembang, membangun rumah untuk berpenghasilan rendah. Harapan itu juga diharapkan bisa mendukung program Presiden Joko Widodo, untuk sejuta rumah. ”Jadi kami harap, REI tidak semata-mata untuk perumahan yang bertendensi ekonomi semata,” imbaunya.

Pemko Batam sendiri diakui, siap membantu kemudahan perijinan dari sektor properti. ”Inti, kita akan membantu mempermudah perijinan sektor properti. Ketika yang lain lesu, harapan sektor properti bisa membantu capaian target ekonomi 7 persen. Tapi warga !erpenghasilan rendah juga berdampak,” harap Amsakar.

Karena itu, diharapkan Amsakar, Rakerda akan mengeluarkan rekomendasi dalam mendorong penyediaan rumah untuk warga berpenghasilan rendah.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here