Rutan Tanjungpinang Dilengkapi X-Ray

0
844
Canggih: Budi Istiawan memperlihatkan atlat pemeriksa narkoba. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Jangan coba-coba bawa barang terlarang saat menjenguk sanak saudara di rumah tahanan (Rutan) Kelas IA Tanjungpinang.

Rutan Tanjungpinang kini telah dilengkapi x-ray dan satu alat pendeteksi narkoba dari Direktorat Jendral Pemasyarakatan RI. Hal itu diungkap, Kepala Pengamanan Rutan Kelas IA Tanjungpinang, Budi Istiawan, kemarin.

”Kita selalu meningkatkan pelayanan di lingkungan Rutan Tanjungpinang,” kata Budi, Istiawan.

Dengan adanya bantuan alat tersebut, pihaknya telah memiliki x-ray yang digunakan untuk pemeriksaan barang milik pengunjung. Setiap orang yang hendak memasukkan narkoba ke dalam rutan akan terdeteksi.

Baca Juga :  Transfer Barang Ilegal, KM Mega Sari Diamankan Lantamal IV

”X-ray akan digunakan rutin untuk melihat barang bawaan pengunjung,” kata Budi Senin (6/3).

Menurutnya, dengan pemasangan mesin X-ray, dapat meningkatkan pelayanan di lingkungan Rutan dan mencegah peredaran narkoba di kalangan warga binaan.

Sehingga seluruh tahanan yang ada di rutan tidak terkonstaminasi dengan barang haram tersebut.

”Tidak hanya barang bawaan pengunjung. Para tahanan yang mendapat barang dari pengunjung juga dilakukan pengetesan,” sebutnya.

Selain mesin x-ray Rutan Kelas I A Tanjungpinang juga mendapat alat pendeteksi narkoba yang mana setiap barang-barang dicurigai akan dilakukan pengetasan dengan alat tersebut sehingga zat yang terkandung didalam barang tersebut akan terbaca.

Baca Juga :  Dewan Minta Warga Urus KTP-el

”Alat pendeteksi narkoba tersebut bekerja dengan cara menempelkan pada barang yang dicurigai setelah itu alat akan membaca apa saja zat yang terkandung,” ungkapnya.

Dengan adanya mesin itu, juga dapat memberikan kenyamanan dan pemeriksaan terhadap warga binaan serta masyarakat yang mengunjungi keluarga yang ada di Rutan ini tidak membutuhkan waktu yang lama.

”Dengan adanya alat ini, pengawasan di Rutan lebih ketak dan mempermudah membaca apa barang bawaan pengunjung,” uajrnya. (cr27)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here