Rutin Gotong Royong, Warga Jemengan Ikut Lomba

0
77
Ketua Rt 004 Karno bersama warga membersihkan sampah di kawasan pemukiman dan sungai.

Natuna – Kampung Jemengan yang merupakan bagian dari Kelurahan Ranai, Natuna mengikuti lomba kawasan bersih tingkat nasional.

Warga berharap bisa meraih predikat kampung bersih karena pola hidup masyarakat yang rutin melakukan gotong royong.

Ketua Rukun Tetangga (Rt) 004 Kampung Jemengan, Karno menuturkan, bahwa warganya yang terdiri dari 100 Kartu Keluarga (KK) lebih rajin melakukan gotong royong.

Biasanya mereka secara kompak melaksanakan di hari libur, Sabtu dan Minggu.

Ia menuturkan, bahwa warganya memiliki kesadaran membersihkan pemukiman termasuk Sungai Jemengan yang berada di kawasan tersebut.

Dituturkannya, warganya berharap ke depan bisa dinobatkan sebagai kampung yang bersih. Serta bisa menjadi percontohan di Kepri.

“Sekarang ini Kampung Jemengan menjadi percontohan sebagai kampung bersih sebab tebukti warganya rajin mengadakan gotong royong setiap minggunya, agar aliran sungai Jemengan terus terjaga dari sampah.” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (15/9) di sela-sela gotong royong bersama warga lainnya.

Ia menerangkan, menjadikan kampung Jemengan yang bersih dari sampah merupakan suatu tantangan tersendiri. Ia menilai tidak semua orang mengerti pentingnya menjaga kebersihan lingkungan khususnya aliran sungai.

“Alhamdulillah kalau warga kami kompak dan mau menerima tantangan menciptakan lingkungan yang bersih. Kami selalu meminta kepada warga agar menjaga jangan membuang sampah ke sungai,”ucapnya.

Warga Jemengan Amir mengatakan, pihaknya merasa terpanggil untuk bisa ikut serta dalam menjaga kebersihan sungai dari sampah.

“Kegiatan bersih-bersih sungai menjadi langkah awal agar menjaga lingkungan. Bukan hanya soal sampah tetapi juga dampak kedepannya,.” ucapnya.

Ia berharap, dengan seringnya melaksanakan gotong royong seperti ini, aliran sungai bisa terus terjaga dan lingkungan pun akan bersih.

“Ya jika memang diberi kesempatan menjadi kampung percontohan yang bersih dari sampah, kita akan terus menjaganya agar sesuai harapan,”tuturya.(hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here