Satgas Pangan Cek Pasar, Harga Normal

0
437
AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro

TANJUNGPINANG – SATGAS Pangan Polres Tanjungpinang melakukan pemantauan harga sembako di pasar Jalan Merdeka dan kawasan pelantar, Minggu (18/2) kemarin. Dalam suasana Imlek, harga sembako di Tanjungpinang tetap normal, walaupun sebagian pertokoan di daerah Kota Lama masih tutup.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro menuturkan, selama Imlek, harga sembako di pasaran masih dalam normal dan stabil. Tim Satgas pangan Tanjungpinang yang meliputi semua unsur terpadu menyampaikan harga jual pasaran masih stabil.

”Selalu kita cek, dan pantau melalui Satgas pangan kita. Namun hingga kini harga masih normal seperti biasa. Kita selalu pantau harga di pasar, agar kita dapat mengontrolnya,” kata Kapolres Tanjungpinang.

Kapolres mengharapkan, harga yang masih normal ini dapat dipertahankan ke depannya. Setiap hari tim akan melaporkan harga pangan di lapangan. Termasuk potensi adanya pelanggaran undang-undang perdagangan, seperti penimbunan barang tertentu.

”Alhamdulillah selama Imlek harga-harga sembako tetap normal. Bila ada pelanggaran dilakukan, maka akan ditindak. Tapi sejauh ini, belum ada laporan ke kita, tentang tindak pidana penimbunan barang itu,” sebutnya.

Tidak terkontrolnya harga, lanjutnya, terkadang ulah dari para distributor nakal yang sengaja menahan, dan menjual barang di saat barang langka. Oleh karenanya barang dapat dijual tinggi. Kepolisian juga akan bertindak tegas bila terdapat upaya jahil para distributor, demi keuntungan pribadi.

Kapolres menyebutkan, perlu informasi masyarakat jika ada ditemukan pelanggaran hukum, seperti halnya penimbunan. Situasi cuaca buruk akhir-akhir ini menjadi alasan bagi pedagang, untuk menaikkan harga. Namun, pihak Satgas Pangan Polres Tanjungpinang tidak ingin, pedagang memanfaatkan momentum seperti ini, guna mencari keuntungan lebih besar.

”Kalau ada yang coba main-main, akan kita tindak. Meski situasi cuaca buruk dapat memperlambat pengiriman barang ke Tanjungpinang,” ujarnya.

Ikan Dinkis
Dalam suasana Imlek, mayoritas warga Tanjungpinang mencari ikan dinkis. Pada tahun sebelumnya, ikan dinkis bertelur bisa dijual Rp 200 ribu per kilogram. Namun untuk tahun ini, jumlah tangkapan ikan dinkis lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

”Harga ikan dinkis cukup murah. Cuma Rp 35 ribu per kilogram, waktu Imlek lalu,” ujar Izam, seorang ibu rumah tangga.(RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here