Satpol Sidak, Pegawai Asyik Main Game

0
1054
Sidak: Satpol PP Kepri sidak kantor Biro Sekdaprov dan Gubernur Kepri Rabu kemarin pagi F-suhardi/TANJUNGPINANG POS

DOMPAK – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Kepulauan Riau melakukan inspeksi mendadak di kantor Sekretariat Daerah (Sekda) yang terdiri dari sembilan kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Kepri, di Dompak, Tanjungpinang, Rabu (3/5).

Sidak ini dipimpin langsung oleh Kabid OP dan Trantib Said Haris Alqudsi didampingi Kabid Penegak Perda Abdul Latif dan Kabid Sumber Daya Aparatur (SDA) Sentot Wicaksono.

Pantauan wartawan di lapangan, saat petugas melakukan sidak terlihat ada beberapa ruang kerja pegawai di masing-masing biro masih kosong.
Bahkan ada pula yang terlihat sedang asyik bermain game karena tidak ada kerjaan. Tidak hanya itu, sejumlah petugas Satpol PP juga mengambil dan melihat daftar absen manual yang terdapat di kantor biro yang masih satu gedung dengan kantor Sekdaprov dan ruang kerja Gubernur Kepri tersebut.

Baca Juga :  Ikon Wisata Natuna Terganjal Status Lahan

Kepala Satpol PP Subandi menyampaikan, ada beberapa kantor biro yang pada saat di sidak kantornya sepi dari pegawai. Bahkan ada pula yang, asyik main game karena tidak sedang mengerjakan tugas.

Hal senada, Kabid Operasinal dan Trantib Said Haris Alqudsi juga menambahkan sidak ini masih ada kaitannya dengan penerapan e-disiplin di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri. Kata dia, setiap pegawai wajib hadir tepat waktu di pagi hari serta apel dan pulang sesuai waktunya. Dan sistem absebsi dilakukan sistem finger print.

”Sidak ini kita lakukan dalam rangka menjalankan amanah Gubernur dan Sekda terkait disiplin pegawai, yakni Pergub nomor 6 tahun 2017. Kita tidak mau ada pegawai yang sudah melakukan finger tapi tidak apel. Apalagi pegawai yang keluar tanpa memberikan keterangan terhadap pimpinan,” kata Said Haris.

Menurut Said Haris Pergub nomor 6 tahun 2017 berlaku untuk seluruh pegawai, tanpa terkecuali.

Baca Juga :  Rp 90 Miliar DAK Tak Dimanfaatkan

Oleh sebab itu sidak yang dia lakukan bersama jajarannya pun secara merata ke seluruh OPD tanpa terkecuali, baik yang berada di bawah sekretariat Daerah maupun yang ada di kantor-kantor Dinas di luar Sekretariat.

”Kita datangi kantor-kantor OPD, lalu kita absen. Dari absen tersebut akan terlihat siapa yang masuk dan tidak. Yang ada keterangan tidak masuk dan yang tanpa keterangan, dan sebagainya. Selanjutnya absensi tersebut akan kita sampaikan kepada Gubernur melalui Sekda. Selesai tugas kita sampai disitu, selanjutnya terserah pimpinan,” kata Said Haris.

Menurut Said, sidak yang dia lakukan tidak hanya siang hari saja. Namun malam hari juga dia lakukan, yakni sekitar jam 20.00 WIB sampai jam 00.00 WIB.

”Malam hari juga kita sidak. Selain di kantor Pemprov ini banyak aset yang kita jaga. Kita juga tidak mau kalau malam kantor Gubernur ini jadi tempat mesum pasangan muda-mudi. Apalagi kalau pasangan itu antar sesama pegawai, itu yang kita hindari bersama,” tegasnya.

Baca Juga :  Warga Padati Lokasi Reka Ulang Pembunuhan Janda Tini

Tindakan persuasif yang sifatnya dadakan ini, lanjut Said Haris dilakukan kapan saja tanpa memberitahukan terlebih dahulu. Sehingga apa yang dihasilkan di lapangan tidak dibuat-buat atau apa adanya.

”Hari ini kita sidak di seluruh kantor biro sekretariat daerah. Mohon maaf atas ketidak nyamanan ASN, PTT dan THL. Karena gaji Anda dari uang rakyat. Sesuai amanah Sekda Provinsi Kepri pegawai harus melayani dengan baik, santun dan persuatif,” ujar Said Haris. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here