SDA Kepri Berlimpah

0
520
H Nurdin Basirun

MBS. KALAU dinilai dg cermat provinsi Kepulauan Riau punya potensi yg sangat tinggi nilainya. Pelabuhan dan lego jangkar sangat potensial. laut kita jauh lebih laus dari laut singapura, jadi bsia menampung pelimpahan dari negara tetangga.
+6281364252006

Operasikan Pelabuhan Dompak!
MBS Bapak gubernur yang terhormat, kapan pelabuhan luar negeri atau dalam negeri dioperasikan, karena pelabuhan Dompak sangat bagus dan dibagun dengan dana puluhan miliar dan karena tidak ada petugas satpol pemprov yang ditugaskan berjaga dsana kaca pelabuhan hancur sdan pecah-pecah berantakan, dihancurlkan oleh manusia bertangan jahil. Mohon bapak gubernur tinjau dan juga tanjungpinang sebagai ibukota provinsi dan dompak sebagai pusat pemerintahan provinsi Kepri belum nampak ada perubahan sama sekali pembangunanya sebagai ibukota Kepri. Dari masyarakat Tpi.
081378398990

TANGGAPAN:
Potensi kemaritiman di Kepri sangat besar. Potensi itu harus dikelola dengan maksimal agar terwujudnya kesejahteraan rakyat. Kita harus memanfaatkan dan menggali potensi yang ada saat ini sduah ada Direksi PT Pelabuhan.

Baca Juga :  Lengkapi Sarana Dispora Center

Direksi yang baru saja dilantik, di Gedung Daerah dan mesti dapat terus mengelola tugas dan tanggungjawabnya dengan maksimal. Semua potensi tersebut dapat dikelola dapat dimanfaatkan kalau koordinasi dan komunikasi terjalin dengan lancar. Setelah dlantik harus menunjukan kinerjanay dalam 100 hari kerja.

Menjadi daerah yang hebat di sektor maritim bukanlah perkara yang mudah. Harus mempersiapkan sumber daya manusia, menjalin kerja sama dengan lembaga terkait dan menjaring investor untuk ikut andil harus segera dilakukan. Jika tidak bergerak dari sekarang maka kita akan sulit untuk mengejar ketertinggalan.

Banyak potensi maritim Kepri, namun tidak dikelola. Salah satunya, lego jangkar yang belum memberi Pendapatan Asli Daerah (PAD) sama sekali. Jajaran Direksi PT Pelabuhan Kepri yang baru saja dilantik yakni Capt Darmansyah, . Windrasto Guntoro, Capt Rio Onasis. (ais/mas)

H Nurdin Basirun
Gubernur Kepri

TANGGAPAN:
Kementerian Perhubungan sudah mencabut izin 9 perusahaan pengelola lego jangkar di perairan Galang dan Kabil Batam. Pencabutan izin itu sesuai dengan SK No:PP.001/1/20/DTPL-18 tentang Pencabutan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut tentang Persetujuan Batas-Batas Perairan untuk Kegiatan Lay-up di Perairan Pulau Galang dan Perairan Kabil, Provinsi Kepri yang selama ini dikelola dan bawah Pengawasan Kantor Pelabuhan Batam.

Baca Juga :  Lampu Jalan Tak Nyala

Putusan ini ditetapkan di Jakarta, 16 Maret 2018 dan ditandatangani Dirjend Perhubungan Laut Kemenhub RI, R AGus H Purnomo. Tembusannya juga sudah diterima Gubernur Kepri. Adapun 9 perusahaan yang selama ini mengelola lego jangkar di perairan Galang dan Kabil yakni, PT Bias Delta Pratama yang mendapat dua perizinan di perairan Galang. Begitu juga dengan PT Baruna Bahari Indonesia yang mendapat dua izin lokasi di perairan Galang.

PT Sarana Citra Nusa Kabil yang mendapat izin mengelola lego jangkar di Kabil. PT Daya Maritim Internasional yang dapat izin beroperasi di perairan Galang dan PT baruna Bakti Utama dapat izin di perairan Provinsi Kepri (tidak disebut secara rinci dimana titiknya).

Baca Juga :  Bagikan Sertifikat Tanah Kami

Dua perusahaan lainnya juga tidak disebutkan namun dapat izin masing-masing di perairan Galang. Kini, semua perusahaan tersebut tidak beroperasi lagi. Jika masih ada yang beroperasi maka aktiviats itu dianggap ilegal.

Atas keputusan ini, maka Kantor Pelabuhan Batam diminta melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan keputusan Dirjend Perhubungan Laut tersebut. SK tersebut hanya berlaku untuk kegiatan lego jangkar di perairan Galang dan Kabil. Tidak mencakup perairan Pulau Nipah dan Pulau Tolop Batam.

Pemutihan titik lego jangkar di perairan Galang dan Kabil belum diketahui apakah ke depan akan dipakai atau tidak. Masih menunggu disahkannya Ranperda Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP-3-K) Provinsi Kepri disahkan menjadi Perda. (mas)

Jamhur Ismail
Kadishub Pemprov Kepri,

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here