Sebulan, 2 Ribuan Warga Berobat Gratis

0
662
POLI ANAK: Bupati Bintan H Apri Sujadi didampingi Direktur RSUD Bintan dr Benni Antomy MKed (An) SpAn, meninjau pelayanan di poli anak, belum lama ini.F-DOKUMEN/TANJUNGPINANG POS

RSUD Bintan Lulus Penilaian Akreditasi Perdana

BINTAN – JUMLAH warga Bintan untuk mendapatkan pengobatan gratis di RSUD Kabupaten Bintan semakin antusias. Sebulan terakhir, terdata 2 ribuan pasien yang berobat di poliklinik (balai pengobatan umum), dan lebih dari 1.000 pasien yang dilayani di UGD.

”Hampir semuanya berobat gratis. Pelayanan pasien ini meningkat, karena tingkat kesadaran masyarakat Bintan juga tinggi dalam memanfaatkan program kesehatan gratis, yang dicanangkan Pak Bupati Bintan H Apri Sujadi bersama Pak Wabup H Dalmasri Syam,” kata dr Benni Antomy MKed (An) SpAn Direktur RSUD Bintan, di ruang kerjanya, Rabu (3/1) kemarin.

Baca Juga :  Teganya... Petugas Kebersihan Musala Dipukul Kasim

Saat ini, jelas Benni, RSUD Bintan telah memiliki dokter spesialis penyakit dalam, THT, dokter spesialis bedah, dokter spesialis mata dengan peralatan canggih, dokter anestesi, spesialis anak dan kandungan.

”RSUD Bintan juga sudah punya poliklinik neorologi (saraf) dan klinik radiologi (sinar X). Masyarakat Bintan tak perlu lagi jauh-jauh ke luar negeri, untuk mencari dokter spesialis tersebut. Poliklinik dan dokter spesialis di RSUD sudah hampir lengkap,” jelasnya.

Kualitas pelayanan dan ketersediaan fasilitas alat kesehatan di RSUD Bintan, sudah mencapai standar pelayanan nasional. Dari hasil penilaian Tim Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Indonesia, pada Desember 2017 lalu, RSUD Bintan di Kota Kijang dinyatakan lulus akreditasi perdana secara nasional. Penilaian ini sesuai dengan pedoman Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS).

Baca Juga :  Jangan Lupakan Kegiatan Berkelanjutan

”Hasil penilaian akreditasi itu, sudah diumumkan melalui website KARS nasional. RSUD Bintan dinyatakan lulus akreditasi perdana. Tiga tahun mendatang, RSUD Bintan akan dinilai untuk ditingkatkan ke akreditasi paripurna, atau bintang lima,” jelas Benni.

”Untuk penyerahan sertifikat akreditasi perdana ini, masih menunggu kabar dari KARS Indonesia,” sambungnya.

Setelah dinyatakan lulus akreditasi perdana, Benni menyebutkan, RSUD Bintan sudah memenuhi syarat untuk naik ke tipe C, dari tipe D. Benni menyampaikan, dirinya segera mengajukan kenaikan tipe C itu, kepada Bupati Bintan H Apri Sujadi, pada tahun 2018 ini.

Baca Juga :  Ansar Besuk Hamdan dan Yusran, Parlin Jadi Tersangka

”Untuk fasilitas ICU, tahun anggaran 2018 ini, akan dibangun. Cuma ICU ini saja, yang kita tunggu, untuk menjadi rumah sakit bertipe C. Kenaikan tipe C ini, ya tergantung Pak Bupati Bintan lah,” ujarnya.

”Yang jelas, kami terus memberikan pelayanan terbaik bagi pasien,” tutupnya.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here