Semakin Pede Tatap Usia Tiga Dekade

0
71
Menteri BUMN, Erick Thohir ikut meramaikan HUT ke-30 PT Surveyor Indonesia, Senin (2/8).

JAKARTA – PT Surveyor Indonesia (Persero) semakin percaya diri menatap usianya yang kini telah masuk tiga dekade. Kepercayaan diri untuk tetap selalu memberikan sumbangsih buat negeri dan siap membantu holding jasa survey menjadi top 5 di pasar Asia Tenggara.

“Kami mengucapkan syukur alhamdulilah bahwa Surveyor Indonesia masih bisa menghasilkan pendapatan yang cukup signifikan di usia kami 30 tahun meski di tengah pandemi seperti sekarang,” ujar Direktur Utama Surveyor Indonesia, M. Haris Witjaksono, pada perayaan HUT ke-30 yang dilangsungkan secara daring, Senin (2/8) kemarin. 

Haris mengungkapkan, sampai dengan akhir 2020, Surveyor Indonesia memiliki pendapatan usaha sebesar Rp1.419 miliar atau 108,3% dari anggarannya sebesar Rp1.311 miliar. Sedangkan laba bersih pada 2020 mencapai Rp102 miliar atau 76.6% dari anggarannya sebesar Rp133 miliar.

Baca Juga :  Kapolri Diminta Turun Tangan, Usut Pembakaran Kantor PWI Aceh

Sementara itu, target pendapatan PT Surveyor Indonesia pada 2021 sebesar  Rp1,458 triliun atau tumbuh 2,8% dari realisasi pendapatan pada 2020. Sedangkan target laba bersih sebesar Rp154,4 miliar yang berarti tumbuh sebesar 15,5% terhadap target laba bersih pada RKAP Tahun 2020 atau 50,8% di atas realisasi Laba Bersih tahun 2020.

“Kami merasa optimistis pada 2021 ini kami akan lebih baik karena pada Semester 1 tahun ini, pendapatan kami sudah mencapai Rp670 miliar, naik 3,0% dibandingkan dengan pendapatan semester 1 pada 2020,” ujar Haris.

Baca Juga :  27 Merek Sarden Mengandung Cacing, Diminta Ditarik dari Pasaran

Laba bersih pada semester 1, imbuhnya, telah mencapai Rp81 miliar, naik 61,2% dibandingkan dengan laba bersih semester 1 tahun 2020.

Sementara itu, dari sisi pangsa pasar berdasarkan hasil kajian KPMG, nilai pasar TIC PT Surveyor Indonesia pada 2020 di Indonesia adalah sebesar US$602,8 juta dengan average growth sebesar 5,6% per tahun. Dengan demikian, kata Haris, berdasarkan kondisi tersebut maka market share PT Surveyor Indonesia (Persero) pada 2020 mencapai nilai 17,14%. 

Ia juga menambahkan bahwa pada 2021 PT Surveyor Indonesia pada 2021 akan mengembangkan target pasarnya melalui strategic partnerships di sektor-sektor usaha; Information, Communication Technology (ICT) dan Lingkungan dan Agrikultur. 

Baca Juga :  Kapal Tidak Memiliki Dokumen, Ditangkap di Tambelan

“Sektor Makanan, Kesehatan, Energi Baru Terbarukan (EBT), serta Infrastruktur Transportasi juga menjadi focus target pengembangan pangsa pasar kami,” pungkas Haris. (muf)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here