Sembako Murah Disetujui Rp9M

0
459
Walikota Batam Rudi memberikan sembako murah kepada warga beberapa waktu lalu. Tahun 2019 Pemko kembali mengalokasikan anggaran untuk membantu masyarakat dalam membeli sembako.f-humas pemko batam

Dibagikan Setelah Pemilu

Anggota Badan Anggaran DPRD Kota Batam Udin P Sihaloho menegaskan sembako murah yang dialokasikan di APBD 2019 senilai Rp9 miliar dibagikan, usai Pemilu 2019.

BATAM – Poin itu jadi rekomendasi yang disampaikan Banggar ke Sekda Kota Batam. Sehingga terhindar dari penyalah gunaan untuk kepentingan politik.

Pembahasan waktu pembagian sembako itu menjadi perhatian anggota DPRD karena saat ini tahun politik. Sehingga tidak menimbulkan persepsi negatif bagi masyarakat. Selain itu, saat pembagian sembako, Komisi II yang menjadi mitra Disperindag harus diberitahu. Sehingga pengawasan atas program itu bisa dilakukan.

Baca Juga :  Kampanye Jokowi di Batam Dihibur Jamrud

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad pun juga setuju bahwa pembagian sembako setelah pemilu selesai dan sebelum Idul Fitri.

Dia juga mengatakan, nantinya, hasil penjualan sembako dari bazar sembako murah selama ini untuk kontraktor, pemenang tender bazar sembako. Di mana, sembako murah dibeli masyarakat Rp50 ribu per paket.

Pernyataan itu disampaikan Amsakar Achmad, saat paripurna DPRD Batam, Rabu (21/11) menjawab pertanyaan anggota dewan Batam sebelumnya. ”Uang yang dibayar masyarakat dari hasil penjualan sembako langsung diterima pemenang tender,” ungkap Amsakar.

Baca Juga :  Satpol PP Diminta Selalu Memberikan Pelayanan Terbaik

Menurutnya, pembelian paket sembako murah oleh masyarakat dengan harga Rp50 ribu per paket, dari harga paket sembako, yang diperkirakan Rp107 ribu per paket. ”Sementara Pemko Batam memberikan subsidi sebesar Rp57 ribu per paket,” jelasnya.

Terkait anggaran operasi pasar kebutuhan pokok bazar sembako murah sebesar Rp9,03 miliar di RAPBD tahun 2019, diakui sudah disepakati bersama pada nota kesepakatan KUA PPAS 2019.

Langkah itu diakui, diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok. Sementara pelaksanaan program bazar sembako murah, dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku.

Baca Juga :  Karantina Siaga di Bandara dan Pelabuhan Internasional

”ASN tak berpihak kepada golongan tertentu atau kelompok tertentu di dalam pendistribusian sembako,” tegas Amsakar.

Sebelumnya, DPRD Batam mempertanyakan anggaran bantuan pasar murah dan pengembalian modal pemerintah. Selain itu, dewan melalui Banggar meminta agar sembako murah, didistribusikan setelah pemilu dan sebelum hari raya Idul Fitri tahun 2019.

”Sudah disepakati, sembako murah usai Pemilu. Itu sudah masuk KUA PPAS,” tegas Mesrawati.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here