Sembako Tanjungpinang Dibawa ke Pulau-pulau

0
1469
BERLAYAR: kapal pengangkut sembako antarpulau di perairan Tanjungpinang akan berlayar menuju pulau-pulau tujuan. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Dibanding dengan daerah lain, sembako Tanjungpinang lebih murah sehingga beberapa pedagang antarpulau-pulau di Kepri membeli sembako dari Tanjungpinang untuk dijual kembali.

Daerah Anambas dan Natuna misalnya, tauke di sana mengambil sembako dari Tanjungpinang yang dikirim menggunakan kapal kayu, melalui Pelantar II. Sembako dibawa dan dikirim dengan kapal kayu itu diisi dengan berbagai jenis sembako.

Diantaranya beras, telur, gula, sayur mayur dan makanan lainnya seperti susu segar, mie instan dan lainnya. Sembako berasal dari toko-toko terdekat daerah pasar dan pelantar.

Baca Juga :  Tak Ada Boeing 737 Max 8 Beroperasi di Bandara RHF

Pantauan di lapangan terlihat para buruh becak tengah sibuk mengantar sejumlah sembako dari toko ke pelabuhan Pelantar II. Dari pelantar barang ini ditransit menggunakan kapal speedboat baru diangkat ke kapal.

Rahmat pegawai kapal mengatakan, dalam waktu sebulan dua sampai tiga kali pengiriman barang semabako, sembako dikirim ke Natuna dan Anambas dengan menggunakan kapal kayu pembawa ikan. Lalu di sana akan ada penampung atau tauke sejumlah sembako untuk kembali dijual kepada masyarakat di sana.

”Kebanyakan dari daerah pulau mengambil sembako dari Tanjungpinang, karena harganya lebih murah dan bongkar muatnya cepat,” tegas dia.

Baca Juga :  Baca Buku Sambil Nikmati Keindahan Laut Pinang

Lanjutnya, dari pulau, kapal pembawa sembako ini akan membawa ratusan peti fiber berisi ikan. Sesampainya ke Tanjungpinang ada tauke ikan yang ambil.

”Kapal akan menunggu penuh dahulu sembako barulah berangkat. Begitu juga ikan harus penuh dulu. Ini kan kapal barang, bukan kapal penumpang. Makanya waktu yang lama, dalam sebulan hanya 2-3 kali melakukan perjalanan,” ujarnya.(RAYMON SANDY)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here