Sepekan Dinas Perkim Fokus Bersihkan Sampah Laut

0
1019
MENUMPUK: Inilah sampah yang menumpuk di kawasan pelantar yang dibersikan tim kebersihan.f-RAYMON/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Permasalahan sampah di wilayah perairan sekitar Pasar Baru Tanjungpinang, di Pelantar II dan sekitarnya, menjadi titik konsentrasi gerakan bersih lingkungan yang dilaksanakan oleh Dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman, Pertamanan, dan Kebersihan Kota Tanjungpinang.

Dimulai sejak Senin (3/4) lalu hingga akhir pekan minggu pertama April 2017, puluhan anggota kebersihan Dinas Perkim bertungkus lumus dengan sampah laut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tanjungpinang Efiyar M Amin, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik Teguh Susanto, mengatakan kotornya perairan di sekitar Pasar Baru lebih disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga dan memelihara kebersihan laut.

Jauh sebelum gerakan bersih lingkungan yang kini dimotori oleh Dinas Perkim, Wali Kota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah telah lebih dulu menyusun program gotong royong bersih lingkungan perairan pasar dan sekitar yang melibatkan lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Baca Juga :  Masjid Dompak Jadi Islamic Centre

”Sebelumnya lintas OPD telah punya jadwal gotong royong untuk membersihkan sampah laut di kawasan pasar. Namun selang beberapa waktu saja, sampah yang terutama berasal dari pasar kembali memenuhi perairan sekitarnya. Kesadaran dan partisipasi masyarakat sepertinya masih kurang, dan ini menjadi tanggung jawab kita bersama,” ungkap Teguh.

Berdasarkan gerakan bersih lingkungan di perairan Pelantar II dan sekitar sejak Senin lalu, Dinas Perkim telah mengumpulkan 24 kubik sampah laut.

Namun sampah yang berada di perairan sekitar pasar itu juga belum sepenuhnya bersih, karena banyak faktor menyebabkannya.

Oleh sebab itu, Pemerintah Kota Tanjungpinang mengimbau kepada seluruh pedagang dan masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir untuk tidak membuang sampah ke laut.

Baca Juga :  Agus Minta RSUD Dipugar Total

Karena seberapa intens pun kegiatan bersih lingkungan yang dilaksanakan oleh dinas terkait, tidak akan mencapai hasil optimal jika masyarakat masih saja membuang sampah ke laut.

Selain wilayah perairan sekitar Pelantar II, Dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman, Pertamanan, dan Kebersihan Kota Tanjungpinang juga melaksanakan kegiatan serupa di perairan sekitar Taman Laman Boenda.

Kegiatan bersih lingkungan dan sampah di wilayah perairan Tanjungpinang ini, direncanakan dilaksanakan secara berkelanjutan ke wilayah-wilayah lainnya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman, Pertamanan, dan Kebersihan Kota Tanjungpinang M. Yatim mengatakan, saat ini Pemko Tanjungpinang telah memiliki 4 kapal dan 8 petugas yang secara khusus bertugas membersihkan sampah di perairan Tanjungpinang.

Baca Juga :  Motor Pencuri Digantung Warga

Mengingat bahwa volume sampah di kawasan Pelantar II semakin meningkat, saat ini sebagian besar petugas kebersihan Tanjungpinang difokuskan untuk bekerja membersihkan sampah di wilayah tersebut.

Untuk lebih mengefektifkan upaya menciptakan lingkungan yang bersih, khususnya wilayah perairan, diperlukan peran serta seluruh elemen masyarakat. Sebab seberapa banyak petugas, dan seberapa sering dibersihkan, sampah di wilayah perairan tidak akan pernah berkurang jika masyarakat kembali membuang sampah ke laut.

”Kita sangat mengharapkan peran serta masyarakat, RT, RW, sampai lurah untuk ikut melaksanakan pengawasan dan membudayakan perilaku tidak membuang sampah ke laut kepada masyarakat,” tambah Yatim.(ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here