Seribuan Pemilih Datangi Posko GMHP

0
399
Petugas sedang menerima laporan dari masyarakat di posko GMHP di Kantor KPU Provinsi Kepri. f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Seribuan masyarakat Provinsi Kepri datangi posko Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP). Mereka adalah masyarakat yang sudah memiliki hak pilih untuk pemilihan umum (pemilu) tahun 2019 mendatang.

”Untuk data pastinya, belum bisa saya sebutkan. Ya, informasi yang kita dapatkan dari daerah kabupaten/ kota di Provinsi Kepri ada sekitar seribuan gitu,” kata Devisi Program dan Data KPU Provinsi Kepri, Priyo Handoko kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (9/10).

Ada yang mendatangi posko GMHP berada di tingkat kelurahan/ desa, kecamatan hingga ke Kantor KPU. Paling sering didatangi oleh masyarakat, adalah posko GMHP berada di tingkat kelurahan/ desa.

Baca Juga :  15 Januari Penerimaan PPK Dibuka

Priyo Handoko menjelaskan, petugas yang standbay langsung melayani masyarakat yang datang ke posko GMHP. Pertama, petugas akan memastikan apakah masyarakat tersebut sudah terdaftar hingga masuk kedalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu tahun 2019 mendatang atau belum.

Untuk memastikan itu semua, petugas akan meminta kartu identitas milik masyarakat, yaitu KTP elektronik. Karena petugas perlu nama serta NIK berdasarkan di KTP elektronik milik masyarakat tersebut.

Apabila belum masuk ke DPT. Maka, petugas langsung mengambil langkah berikutnya. Yaitu, petugas meminta fotokopy KTP elektronik milik masyarakat tersebut. Karena petugas akan mendata hingga masukkan nama masyarakat tersebut kedalam sistem. Sehingga masyarakat bisa langsung masuk ke dalam DPT Pemilu tahun 2019 mendatang.

Baca Juga :  Candra Ibrahim Buka Komunikasi Bersama PKS

”Kalau kita lihat, yang paling pro aktif itu Pak RT maupun Pak RW nya. Mereka datang ke posko melaporkan warganya belum masuk kedalam DPT,” terang Priyo.

Oleh karena itu, ia mengajak kepada masyarakat yang belum masuk ke dalam DPT untuk segera datang ke posko GMHP di daerahnya masing-masing. Ini masih ada kesempatan untuk masyarakat melaporkan ke petugas. Karena posko GMHP akan berakhir pada 28 Oktober 2018 nanti.

”Kita harus sadar untuk mengecek diri sendiri ke DPT Pemilu,” sebut dia. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here