Siaga Satu, Aktifkan Poskamling

0
684
Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Drs Raja Ariza saat berkunjung ke Polres Tanjungpinang f-Raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Banyaknya teroris yang bereaksi di daerah Pulau Jawa patut diwaspadai jangan sampai ada kejadian yang sama di Tanjungpinang. Untuk itu, sebagai langkah antisipasi, masyarakat Tanjungpinang diminta kembali mengaktifkan kegiatan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) guna menjaga lingkungan
sekitar dari kegiatan yang mencurigakan.

Hal ini dikatakan Ketua Komisi I DPRD Tanjungpinang, Maskur Tilawahyu usai melakukan pertemuan dengan Kapolres Tanjungpinang, Ucok P Silalahi, Senin (14/5) di ruang kerjanya di Polres Tanjungpinang, Batu 5 Bawah.

Hadir juga dalam pertemuan itu, Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Drs Raja Ariza beserta Wakil Ketua II DPRD Tanjungpinang, Ahmad Dani beserta anggota DPRD lainnya yaitu, Ashady Selayar, Beni, Hendi Amerta dan Fengky Fensito, H Ilimar serta M Arif.

Maskur menuturkan, bahwa Poskamling bersama Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polres Tanjungpinang yang ada di setiap kelurahan perlu berkoordinasi dalam menjaga lingkungan pemukiman penduduk.
Diminta juga agar perangkat RT dan RW terus memantau dan melakukan komunikasi serta pendekatan kepada penduduk yang baru pindah atau baru datang.

Baca Juga :  Kepala OPD Ramai-ramai ke Rumah Syahrul

”Bila ada kegiatan kelompok masyarakat atau pendatang baru yang mencurigakan bisa melapor ke Bhabinkamtibmas maupun pegawai kelurahan,” jelasnya.

Ia menuturkan, selain berkoordinasi terkait pengamanan daerah terhadap ancaman teroris, pertemuan tersebut juga menyampaikan belasungkawa dan turut berdukacita atas
meninggalnya enam anggota Polri dalam tugas belum lama ini di Mako Brimob Jakarta.

Selain itu, aksi bom bunuh diri yang terjadi di tiga gereja di Surabaya, Minggu (13/5) pagi juga mengundang perhatian seluruh lapisan masyakat, termasuk unsur pemerintahan di
daerah. Disusul ada lagi serangan bom bunuh diri di depan Mapolrestabes Surabaya, Senin (14/5) pagi. Semua rentetan kejadian ini patut diwaspadai.

”Kita berduka atas kejadian yang menimpa masyarakat sipil yaitu jemaat di tiga gereja di Surabaya. Kita berharap kejadian seperti ini tidak terulang di daerah manapun lagi,” ucapnya.

Baca Juga :  Pejabat Kabupaten Tanah Datar Studi Banding Tanjungpinang

”Serta kita memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan yang akan dilaksanakan polisi dalam rangka pengamanan daerah ini,” tambahnya.

Hal senada disampaikan Raja Ariza, Pemko mendukung penuh kegiatan yang akan dilaksanakan Polres Tanjungpinang dalam rangka pengamanan, dengan melibatkan camat, lurah dan perangkat ketua RT-dan RW untuk memantau lingkungan
pemukiman penduduk.

”Kita ketahui bersama bahwa teror bom bunuh diri yang terjadi di Subaya dan Jakarta tidak baik. Saya yakin semua agama melarang tindakan ini,” tuturnya.

Ia berhap pemerintah bersama masyarakat bisa bersinergi menjaga lingkungan sekitar dan teror teroris dengan berbagai aksi atau perbuatan yang merugikan masyarakat luas.
Ucok P Silalahi mengapresiasi kunjungan yang dilakukan Penjabat Wali Kota Tanjungpinang serta unsur pimpinan dan anggota DPRD Tanjungpinang tersebut.

Baca Juga :  Tersangka Korupsi Pajak Terungkap

Ia menuturkan, pembahasannya yang dilakukan beragam. Diantaranya, terkait teroris yang terjadi di Surabaya dan Jakarta.”Kita meningkatkan pengamanan menjadi siaga satu
pascakejadian bom bunuh diri tersebut. Kita terus melakukan pemantauan dan penjagaan di berbagai titik, termasuk gereja dan tempat kegiatan keramaian,” tuturnya.

Peningkatan keamanan di Polres Tanjungpinang juga dilakukan dengan melakukan pengecekan kepada setiap pengunjung. Ia menuturkan, di hari yang sama pukul 07.00 pagi di Morning Bakery Dompak, juga ada pertemuan dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) yang diinisiasi Pemko Tanjungpinang.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Dandim beserta unsur kepala OPD membahas pengamanan menjelang Ramadan, Idul Fitri, stabilitas harga
sembako serta menjelang Pilkada 2018. (dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here