Siswa SD Dibina Menjadi Dokter Kecil

0
507
PETUGAS kesehatan di Puskesmas Lanjut dan dokter kecil berfoto bersama usai mendapatkan pembinaan.F-ISTIMEWA

LINGGA – Puskesmas Lanjut Kecamatan Singkep Pesisir berikan pembinaan terhadap siswa seolah dasar pilihan di daerah tersebut menjadi dokter kecil (Dokcil).

Dokcil sendiri merupakan siswa yang memenuhi kriteria, dan telah dilatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya.

Para siswa diajari cara hidup sehat, dan dasar Unit Kesehatan Sekolah (UKS).

”Dengan kegiatan ini kami berharap dokter kecil, dapat menjadi penggerak hidup sehat untul teman-temannya di sekolah, rumah dan lingkungannya,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Puskesmas Lanjut, Enny Rozanty, kemarin.

Baca Juga :  Pemkab Janji Tekan Harga Sembako

Dikatakan, pembinaan yang dilakukan berupa mengajarkan dokter kecil untuk mengawasi kebersihan sekolah, kebersihan kantin, menasehati teman yang membuang sampah sembarangan serta melaksanakan P3K di sekolah, melatih dokcil cara penimbangan tinggi badan, berat badan dan menjalankan 14 indikator PHBs.

”Anak usia sekolah merupakan generasi penerus yang potensial, karena mereka akan berumah tangga, menjadi orang tua dan mempunyai anak. Maka nasib anak-anaknya dalam bidang pendidikan dan pelayanan kesehatan, banyak bergantung kepada mereka,” terangnya.

Kegiatan dokter kecil uni juga melibatkan kepala sekolah dan guru sebagai penanggungjawab masing-masing sekolah.

Baca Juga :  Lima Rumah Warga Posek Dilalap si Jago Merah

”Kepala sekolah dan guru menjadi penanggungjawab kegiatan dokter kcil di sekolah,” imbuhnya. (tir)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here