Siswi Sekretaris Belajar Jamuan Makan

0
635
PARA guru, siswa-siswi Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran foto bersama usai praktik table manner di Hotel Aston Tanjungpinang, Jumat pekan lalu. f-istimewa

SMKN 1 Tanjungpinang Praktik Table Manner di Hotel Aston Tanjungpinang

Siswa-siswi jurusan sekretaris di SMKN 1 Tanjungpinang menggelar praktik jamuan makan (table manner) di Hotel Aston Tanjungpinang, akhir pekan lalu.

TANJUNGPINANG – KEPALA SMKN 1 Tanjungpinang, Delisbeth M.Pd mengatakan, praktik ini untuk membiasakan siswi bagaimana cara menjamu, cara makan dengan mitra bisnis, pejabat dan lainnya.

”Mereka ini kan calon sekretaris ke depannya. Jadi harus tahu seperti apa menjamu makan pimpinan, rekan bisnis, pejabat, pengusaha lainnya,” ujar Delisbeth, Senin (11/11).

Siswi harus tahu seperti apa tata krama dan cara makan di meja tamu. Selama ini, mereka belajar teori di sekolah. Pada Jumat pekan lalu, mereka langsung belajar di luar kelas yakni di hotel.

Kegiatan tabel manner ini diikuti siswa Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTP) yang dulunya disebut Sekretaris.

Sebanyak 96 siswa dari 3 kelas yang mengikutinya yaitu Kelas XII OTP 1, Kelas XII OTP 2 dan Kelas XII OTP 3.

”Alhamdulillah, kegiatan praktik pembelajaran ini selalu mendapat antusiasme dari siswa dan dukungan dari pihak sekolah pada jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran ini setiap tahun rutin menyelenggarakan kegiatan ini,” tambahnya.

Kegiatan praktik pembelajaran tabel manner ini juga disejalankan dengan kegiatan kunjungan belajar ke tempat produk kreatif dan kewirausahaan yang ada di Kota Tanjungpinang yaitu ke Pinang Paleo.

”Saya berharap kegiatan ini memiliki kontribusi yang positif bagi siswa baik dimasa sekarang maupun di masa yang akan datang,” harapnya.

Kegiatan ini adalah merupakan keterampilan tambahan bagi siswa jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran sebagai bentuk praktik pembelajaran di luar sekolah yang khususnya tentang tata cara jamuan makan bisnis atau tabel manner.

Kegiatan praktik pembelajaran table manner ini sejalan dengan anjuran dari Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kepulauan Riau Nomor: 120/537/DP3AP2KB-03/2019 Tanggal 21 Oktober 2019 tentang Pelaksanaan Seharian Belajar di Luar Sekolah.

Kegiatan table manner ini dilaksanakan dengan kunjungan belajar siswa Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTP) yang sejalan dengan program kerja pemerintah yang ingin mencetak lulusan SMK yang memiliki jiwa kewirausahaan dan diwujudkan oleh SMK Negeri 1 Tanjungpinang sebagai pencetak wirausaha.

Melalui kegiatan ini diharapkan siswa memiliki wawasan dalam bidang produk kreatif dan kewirausahaan, dan memiliki keterampilan table manner.

Hal ini merupakan kompetensi yang perlu dimiliki oleh siswa khususnya Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (atau biasanya dulu disebut dengan Jurusan Sekretaris.

Praktik pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan yang akan mereka kunjungi ini merupakan salah satu usaha masyarakat yang memiliki ciri khas sebagai produk unggulan Kota Tanjunginang yaitu di Pinang Paleo.

Kegiatan kunjungan belajar ini dilaksanakan di Toko Pinang Paleo dan disambut Didi selaku Koordinator Area Pinang Paleo, kemudian dilanjutkan dengan melakukan praktek table manner di Hotel Aston Tanjungpinang.

Siswa sangat antusias mengikuti kegiatan kunjungan belajar dan praktik pembelajaran ini. Hal ini ditanggapi salah satu siswa SMK Negeri 1 Tanjungpinang yang mengikuti kegiatan ini.

Siti Rumduni, salah satu siswi menuturkan, mereka sangat senang sekolah mengadakan kagiatan ini.

Selama tiga tahun kegiatan pembelajaran, baru kali ini mereka mengadakan kegiatan kunjungan belajar ke Toko Pinang Paleo dan praktik pembelajaran ke Hotel AstonTanjungpinang.

”Yang jelas, kami sangat senang dapat melaksanakan kegiatan ini khususnya produk yang ada di Pinang Paleo,” katanya.

Para siswa juga sangat senang mendapatkan penjelasan dan ilmu baru yang sudah dipaparkan mengenai table manner karena sebelumnya mereka belum begitu paham.

Delisbeth menambahkan, kegiatan mendidik siswa merupakan sebuah proses yang tidak mudah. Oleh karena itu para guru harus sungguh-sungguh mendidik dengan benar dan sepenuh hati.

Kegiatan praktik pembelajaran tata cara makan atau table manner yang baik dan tepat akan membentuk karakter dan perilaku siswa yang baik pula. Siswa sekolah kelak akan tumbuh dewasa dan perlu menjalin relasi dengan berbagai macam orang dari berbagai negara.

Oleh sebab itu, penting bagi siswa untuk diajarkan praktik table manner. Jika siswa mampu menunjukkan sopan santun di meja makan, maka secara tidak langsung akan menunjukkan kualitas pergaulan, intelektualitas dan etika pergaulan.(MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here