SMKN 1 Siap Gelar Ujian Sekolah

0
1012
SIMULASI: Siswa SMKN 1 Tanjungpinang sedang simulasi sebelum pelaksanaan ujian. F-SHENDY/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Sepekan ke depan seluruh siswa kelas IX Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 akan menjalani Ujian Sekolah Berbasis Komputer (UBNK).

Wakil Bidang Kurikulum SMK Negeri 1, Suyono, mengatakan bahwa siswa SMK Negeri 1 sudah melakukan persiapan yang terbilang matang guna menyukseskan UNBK pada 3 sampai 6 April mendatang.

”Kita sudah berusaha sedemikian rupa. Kami juga sudah melaksanakan terobosan jam tambahan. Kita sudah surati PLN terkait ketersediaan listrik saat pelaksanaan,” ujar Suyono kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (23/3) pagi.

Tahun ini jumlah peserta UNBK mencapai 409 orang. Angka ini mengalami kenaikan ketimbang tahun lalu sekitar 388 orang. Menurutnya, tahun depan jumlah siswa kelas IX SMKN 1 bisa mencapai 496 siswa jika tidak ada siswa yang tinggal kelas.

Baca Juga :  Siswa, Jadilah Pahlawan Masa Depan

Ada beberapa hal yang ditetapkan SMKN 1 untuk syarat kelulusan. Pertama harus menyelesaikan seluruh mata pelajaran dari kelas satu sampai tiga.

Selain itu, mereka juga dituntut untuk memiliki prilaku yang baik. Dua syarat ini menjadi penentu bisa mengikuti Ujian Sekolah, Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBN) dan UNBK.

”Kalau misalnya ada siswa yang tidak berkelakuan baik tentu dia tidak bisa mengikuti ujian. Kalau siswa sudah sampai ke UN berarti dia sudah berkelakuan baik,” ungkapnya.

Tinggal meraih nilai USBN sama Ujian sekolah sesuai standar ditetapkan. Ditetapkan nilai 45 minimal untuk USBN dan Ujian Sekolah.

Baca Juga :  SMAN 1 Binut Juarai Turnamen APPPI

Dibawah itu dapat dinyatakan tidak lulus. Kemudian rata-rata antara nilai rapot 5 semester plus USBN dan Ujian Sekolah rata-rata minimal harus 60 baru dia dinyatakan lulus.

Para siswa dihadapkan dengan tiga mata pelajaran saat USBN, dan 11 mata pelajaran pada Ujian Sekolah. Dalam USBN, mata pelajaran yang disuguhkan terdiri dari Agama, PPKN, dan KKPI atau simulasi Digital. Adapun bentuk soalnya terpecah menjadi dua, yakni objective tes dan esai.

Soal USBN dibuat Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dengan bobot soal 80 persen dan 20 persen lagi dari pusat.

Baca Juga :  30 Anak Imigran Akan Sekolah di Negeri

Ujian Sekolah berisi mata pelajaran umum selain yang diujiankan pada USBN. Soal dan hasil ujian ini nantinya akan dikoreksi oleh pihak sekolah. (cr36)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here