SMPN 1 Siantan Kampanyekan Hemat Air

0
771
Hari air sedunia: Siswa SMPN 1 Siantan ketika memperingati Hari Air Sedunia. f-indra gunawan/tanjungpinang pos

Anambas – Sebanyak 35 pelajar dari SMP Negeri Satu Siantan laksanakan aksi turun ke jalan untuk memperingati hari Air Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret 2017.

Dengan berpakaian seperti orang yang akan mandi para siswa dan siswi ini dengan didampingi para guru mereka turun ke jalan mengelilingi kota Tarempa dan meneriakan untuk menghemat air.

Beragam sepanduk ditulis untuk menyelamatkan air. Dalam spanduk tersebut tertulis ”tidak ada air tidak ada kehidupan”.

SMPN I Siantan merupakan salah satu Sekolah yang merupakan sekolah Adhiwiyata yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA).

Baca Juga :  Pompong Angkutan Pelajar Tak Dibayar

”Aksi ini kami lakukan untuk memperingati hari Air Sedunia yang tepat Jatuh pada hari ini,” kata Merry, guru Bidang Kelas 7 dan 8 SMPN I Siantan sekaligus Koordinator Aksi, Rabu (22/3).

Aksi turun ke jalan ini, sebut Merry dimulai dari depan Hotel Tarempa Beach menuju pasar lalu melewati Masjid Jami lalu ke Jalan Raden Shaleh dan finisnya di Depan hotel Tarempa Beach.

”Yang kami lakukan adalah untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk menjaga sumber daya air dan melakukan penghematan terhadap pemakaian air,” bebernya.

Baca Juga :  Anambas Belum Tentukan Kuota CPNS

Merry mengakui saat ini banyak orang yang enggan melakukan penghematan air sehingga banyak yang dibuang percuma. Padahal, untuk Anambas sebagai daerah kepulauan tentunya sumber mata air tidak lah begitu banyak. Jika tidak pandai berhemat, maka yang akan dirugikan adalah diri sendiri.

”Sebagai daerah kepulauan tentunya kita harus pandai-pandai untuk menghemat air,” jelasnya.

Kata Merry, Hari Air Sedunia (World Day for Water-red) adalah perayaan yang ditujukan sebagai usaha-usaha menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih dan usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan.(Indara Gunawan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here