Sotong Kering Jadi Oleh-oleh

0
1579
MENUNGGU PEMBELI: Pedagang sotong dan ikan kering di Pasar Kota Lama sedang menunggu pembeli. f-RAYMON/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Sotong kering Pelantar II menjadi salah satu makanan hasil laut yang banyak digemari masyarakat Tanjungpinang maupun pengunjung. Transaksi jual beli sotong di pelantar II terlihat ramai. Sotong kering ini juga tak jarang sebagai oleh-oleh.

Pantauan Tanjungpinang Pos, Kamis (4/5) ada beragam dagangan di Pasar Kota Lama, di antaranya ikan bilis, udang kering juga menjadi oleh-oleh setiap para pengunjung yang mendatangi Tanjungpinang.

Tangkapan hasil laut yang dikeringkan dinawah terik mata hari merupakan makanan tidak asing lagi bagi masyarakat Tanjungpinang. Banyak yang menyukainya meskipun harganya terbilang mahal.

Baca Juga :  Jelang Idul Adha, Harga Bawang dan Cabai Stabil

Untuk harga sotong kering berukuran besar dijual dengan harga Rp 180 ribu per bungkus, sedangkan sotong kering berukuran kecil seharga Rp 50 ribu.

”Harga kita variasi, tergantung dari ukurannya,” ungkapnya.

Nurmala, salah seorang pembeli sotong mengatakan, kini membeli sebagai oleh-oleh buat keluarganya yang berada di Pekanbaru. Biasanya sotong kering ini dibakar lalu dan disambal dengan cabai ijo.

”Kebanyakan keluarga memesan sotong kering selain itu juga ikan bilis,” sebutnya.

Harus diakui hasil laut di Kepri masih lebih bagus daripada beberapa daerah lain. Sehingga wajar jika sanak keluarga diluar daerah memesan.

Baca Juga :  Secara Bertahap, Bumi Perkemahan Dibenahi

Sotong kering banyak dijual di daerah Pelantar II Tanjungpinang. Acua pedagang mengatakan, sotong kering yang ia jual berasal dari daerah Daik dan Bintan namun lebih banyak didatangkan dari daerah Daik dan kualitasnya bagus.

”Lumayan ramai pembeli apalagi disaat musim liburan biasanya para pendatang juga ikut membeli,” katanya.(RAYMON)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here