STAI Paduka Bangun Kampus di Anambas

0
801
SUASANA rapat saat pendirian STAI Paduka di Aula Kantor Bupati, Selasa (13/2) malam. f-istimewa/humas stai paduka

ANAMBAS – Setelah hampir 10 tahun dimekarkan, Kabupaten Anambas segera akan memiliki kampus. Rencananya, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Perbatasan Terpadu Kepulauan Anambas (STAI-Paduka) akan didirikan. Pendirian STAI ini untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah itu.

Ketua Umum Yayasan Al-Hikmah At-Taqwa Drs H T Zulkifli Aka M Si mengatakan, STAI Paduka diprakarsai oleh Yayasan Al-Hikmah At-Taqwa Air Asuk. Pendirian STAI didukung Pemerintah Daerah (Pemda) serta masyarakat. Kehadiran STAI Paduka untuk mencerdaskan SDM masyarakat Anambas dalam menuju kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Anambas.

”Kita siap membangun Perguruan Tinggi (PT) di Anambas, apabila merespon dengan baik maka Insya Allah tahun ini STAI Paduka, dapat menerima mahasiawa baru pada tahum 2018 ini,” kata Zulkifli saat menggelar ekspos pendirian STAI Paduka di Aula Kantor Bupati, Selasa (13/2) malam.

Zulkifli mengakui, dalam pendirian sebuah PT ada mekanisme yang mesti dilalui. Namun, pihaknya telah siap bahkan dalam waktu dekat akan menghadirkan pihak Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) X.

Setalah itu, pihaknya akan mendatangkan Forlap Dikti dari Kemenristek Dikti untuk datang ke Anambas. Direncanakan, lanjut Zulkipli, untuk tahun pertama pihaknya akan membuka dua Program Studi (Prodi) yakni Prodi Pendidikan Agama Islam (Guru) dan Ilmu Ekonomi Syariah.

”Untuk tahun pertama ini kita siap dan mampu membuka dua Prodi. Yang masing-masing Prodi jumlah mahasiswa minimal 30 orang,” jelasnya.

Untuk SDM pengajar, tambah Zulkipli, pihaknya telah menyiapkan 12 orang dosen tetap yang telah siap. Selain itu, di Anambas sendiri mempunyai potensi untuk menjadi dosen karena banyak yang telah S2 dan mendapat gelar doktor satu orang.

”Potensi ini dapat membantu menjadi pengajar di perkuliahan nanti,” terangnya.

Untuk Gedung tempat perkuliahan, nantinya dapat meminjam SMK Negeri 4 yang dapat dipergunakan jelang dibangunnya kampus. ”Kita ingin mahasiswa reguler nantinya, diwajibkan untuk menguasai Alquran, serta menguasai bahasa asing. Selain itu, para mahasiswa/i selain ditempa dengan mental dan spritual juga dengan fisik,” tuturnya seraya mengatakan mahasiswa reguler akan mondok selama setahun.

Masih kata Zulkifli, sebenarnya pembuatan PT telah dirancang Pemkab jauh hari prosesnya. Bahkan, saat bertemu Menpan RB Asman Abnur apabila ingin membuka universitas disarankan untuk menyiapkan lahan seluas 50 Hektare (Ha).

”Pembangunan PT di Anambas sudah diketahui Menpan RB dan hal itu mendapatkan mendukungnya,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Anambas Abdul Haris SH mengatakan, pihaknya sangat senang dengan ekspos pembangunan STAI Paduka. ”Saya sangat berharap segera ada PT di Anambas. Pada prinsipnya, Anambas sangat ingin memilki PT. Karena sejumlah kabupaten telah memilikinya, dan Anambas harus juga ada,” jelasnya.

Haris mengungkapkan, untuk mewujudkannya memang butuh kerja keras, pemerintah daerah siap mendukung ini. Terpenting adalah, pengakuan bahwa Anambas memiiliki STAI. ”Ini butuh kerja keras kita bersama untuk menyukseskannya,” imbuhnya. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here